Sumenep (Antara Jatim) - Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, segera mendistribusikan naskah ujian nasional (UN) sekolah menengah pertama (SMP) sederajat yang menjadi jatah penyelenggara di wilayah kepulauan.

"Kami sudah berkoordinasi dengan jajaran kami termasuk pimpinan lembaga penyelenggara UN SMP sederajat di wilayah kepulauan. Hasilnya, distribusi naskah UN SMP sederajat ke wilayah kepulauan akan dimulai pada Kamis (28/4)," ujar Kasi Kurikulum Pendidikan Menengah Disdik Sumenep, Sri Agustina di Sumenep, Rabu.

Disdik Sumenep telah menerima naskah UN SMP sederajat yang menjadi jatah penyelenggara di delapan kecamatan kepulauan pada Senin (25/4) sore dan langsung disimpan di salah satu ruangan di mapolres setempat.

"Koordinasi dengan jajaran kami termasuk pimpinan lembaga penyelenggara UN SMP sederajat di wilayah kepulauan supaya kami mengetahui jadwal pemberangkatan kapal/perahu, karena jadwal moda transportasi ke wilayah kepulauan itu tidak setiap hari," kata Sri, menerangkan.

Sesuai hasil koordinasi dengan jajarannya termasuk pimpinan lembaga penyelenggara UN SMP sederajat di wilayah kepulauan, diketahui pada Kamis (28/4) terdapat jadwal kapal ke Pulau Masalembu.

"Kami sudah menyusun jadwal distribusi naskah UN SMP sederajat yang menjadi jatah penyelenggara di wilayah kepulauan. Kalau tidak ada perubahan jadwal, distribusi perdana akan dilakukan pada Kamis (28/4), yakni ke Masalembu," ujarnya.

Selanjutnya pada 1 Mei ke Sapeken, Gayam, dan Nonggunong, 2 Mei ke Arjasa dan Kangayan, dan 3 Mei ke Raas.

"Untuk ke Pulau Giligenting yang termasuk pulau cukup dekat dengan daratan, distribusinya kondisional atau bisa bersamaan dengan distribusi ke Pulau Talango (pulau terdekat) dan 18 kecamatan daratan lainnya, yakni pada H-2 pelaksanaan UN," ucapnya.

Sesuai data di Disdik Sumenep, jumlah peserta UN SMP sederajat pada tahun ini sebanyak 15.616 siswa di 421 lembaga penyelenggara yang tersebar di 27 kecamatan. 

UN SMP sederajat pada tahun ini akan dilaksanakan pada 9-12 Mei. (*)

Pewarta: Slamet Hidayat

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016