Pamekasan (Antara Jatim) - Wakil Gubernur Jawa Timur Syaifullah Yusuf mengajak para aktivis pramuka memotori gerakan nasionalisme guna, meningkatkan wawasan kebangsaan dan keutuhan Negera Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"Atas dasar inilah maka perkemahan 'Indonesia Scouts Challenge' (ISC) mengambil tema Menumbuhkan Generasi Muda Berkarakter," kata Syafullah Yusuf saat membuka acara ISC di lapangan pendopo Pemkab Pamekasan, Kamis sore.

ISC adalah bentuk perkemahan yang dikemas dengan cara rekreatif dan kompetitif, guna membina generasi muda yang terampil.

Menurut Gus Ipul, sapaan karib Wagub Jatim Syaifullah Yusuf ini, di Jawa Timur jumlah siswa yang mengikuti kegiatan ISC sebanyak 170.000 orang siswa.

Pembukaan ISC di lapangan pendopo Pemkab Pamekasan ini dihadiri ribuan lebih peserta pramuka, dan para orangtua siswa.

Wakil Bupati Pamekasan Halil menyatakan, kegiatan ISC merupakan bentuk kegiatan inovatif, karena selain menanamkan nilai-nilai luhur, seperti gotong royong dan saling tolong menolong, juga mengarahkan siswa aktif dalam kegiatan ektra kurikuler di sekolah.

"Diakui atau tidak, nilai gotong royong dan saling tolong menolong saat ini cenderung mulai berkurang," ujar Halil.

Selain membuka ISC, Wagub Jatim Syaifullah Yusuf juga mencanangkan gerakan peduli tetangga.

Menurut Gus Ipul, gerakan peduli tetangga perlu dicanangkan, karena kepedulian pada tetangga di sebagian daerah di Indonesia, termasuk di Jawa Timur, kini terlihat mulai berkurang.

Acara pembukaan ISC di lapangan Pendopo Pemkab Pamekasan itu mulai pukul 14.00 WIB dan hingga pukul 14.30 WIB masih berlangsung dengan acara pemutaran videografi pramuka. (*)

Pewarta: Abd. Azis

Editor : Tunggul Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016