Sidoarjo, (Antara Jatim) - Bupati Sidoarjo Saiful Ilah menyatakan daerahnya memiliki tambang gas alam yang jika dikelola dengan baik bisa dimanfaatkan untuk kemaslahatan masyarakat.

"Daerah kita memiliki tambang gas alam yang terkandung di dalam perut bumi, yang jika dikelola dengan baik bisa meningkatkan kemaslahatan dan kesejahteraan masyarakat," katanya setelah menghadiri ulang tahun Lapindo Brantas Inc di Sidoarjo, Jawa Timur, Selasa.

Ia mengemukakan warga masyarakat seharusnya bisa mengerti akan kekayaan alam yang ada di Sidoarjo ini, jangan sampai dinikmati oleh pihak luar.

"Saya akan membantu melakukan sosialisasi kepada masyarakat terkait dengan kekayaan alam berupa gas yang terkandung di dalam tanah di Kabupaten Sidoarjo ini supaya bisa dimanfaatkan secara maksimal," katanya.

Pada awal terjadinya semburan lumpur memang luapan lumpur yang keluar dari dalam perut bumi bisa mencapai 160 ribu meterkubik setiap harinya. Namun, kondisi itu telah berubah drastis dan saat ini, yang keluar tidak sampai 10 ribu meterkubik setiap harinya.

"Masalah semburan lumpur sudah selesa. Saat ini yang harus dilakukan adalah meyakinkan masyarakat supaya paham terkait dengan kadungan gas yang ada di dalam tanah di Kabupaten Sidoarjo ini," katanya.

Masyarakat juga harus paham, dengan adanya pemanfaatan gas tersebut akan mempermudah dan menghemat keuangan masyarakat untuk pemenuhan kebutuhan gas yang ada di Sidoarjo.

"Kalau memang dilakukan pengeboran harus dilakukan perjanjian dengan jelas, nanti kalau yang keluar lumpur perjanjiannya seperti apa. Kemudian, kalau yang keluar itu gas, bentuk perjanjiannya seperti apa. Semuanya harus dijelaskan," katanya.

Sementara itu, Presiden Direktur Lapindo Brantas Inc. Tri Setya Sutisnya mengaku akan melakukan perpanjangan kontrak untuk melakukan pengeboran di Sidoarjo ini.

"Harapan kami bisa mendapatkan dukungan dari semua pihak supaya proses pemanfaatan gas yang ada di dalam tanah di Kabupaten Sidoarjo ini bisa maksimal," katanya.

Pada peringatan hari ulang tahun itu sendiri, diserahkan sejumlah bantuan kepada anak yatim dan panti asuhan serta bantuan berupa alat pengeras suara kepada masing-masing desa di wilayah kerja Lapindo Brantas Inc.(*)

Pewarta: Indra Setiawan

Editor : Tunggul Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016