Jember (Antara Jatim) - Anggota Komando Distrik Militer (Kodim) 0824/Jember melakukan gerakan penghijauan bersama pelajar dan masyarakat di lereng Gunung Sepikul, Desa Pakusari, Kecamatan Pakusari, Kabupaten Jember, Jawa Timur, Selasa.

Penanaman pohon diawali dengan apel yang dipimpin Komandan Kodim 0824 Letkol Inf Muhammad Nas yang dihadiri Danpos Ramil 0824/28 Pakusari Pelda Sugito, Camat Pakusari, Kades Pakusari, personel Kodim 0824 sebanyak 35 orang, anggota Pramuka/Pelajar ssebanyak 25 orang, lima anggota Polsek Pakusari, enam Perangkat Desa, lima anggota FKPPI dan 135 warga masyarakat.

"Kodim selaku satuan terbawah di TNI AD mendapatkan perintah penghijauan, namun tanpa ada perintah, kami tetap melakukan gerakan penghijauan," kata Komandan Kodim (Dandim) 0824 Jember, Letkol Inf Muhammad Nas di Jember.

Menurut dia, jumlah pohon yang ditaman sekitar 1.000 pohon seperti sengon, mindi, kamalina, sawo, durian, sirsat dan tanaman buah-buahan lainnya, sehingga diharapkan tanaman tersebut dapat bermanfaat bagi masyarakat sekitar lereng Gunung Sepikul.

"Gerakan penghijauan itu, selain untuk mengantisipasi dampak pemanasan global dan menjaga kelestarian lingkungan, juga untuk mengantisipasi ancaman bencana longsor yang dapat terjadi akibat gundulnya hutan," katanya.

Ia mengajak semua masyarakat ikut melakukan kegiatan positif seperti penghijauan demi menjaga kelestarian lingkungan dan tidak merusak alam yang dapat menyebabkan bencana alam sewaktu-waktu.

Kepala Desa Pakusari Misjo menyampaikan terima kasih kepada anggota TNI yang membantu melakukan gerakan penghijauan di lereng Gunung Sepikul bersama warga dan pelajar.

"Dengan penghijauan itu diharapkan dapat mengantisipasi longsornya Gunung Sepikul dan ke depan, berbagai jenis tanaman buah yang ditanam tersebut akan bermanfaat bagi masyarakat sekitar," ujarnya. (*)

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Tunggul Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016