Probolinggo (Antara Jatim) - Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, akan merevitalisasi koperasi usaha desa (KUD) yang memiliki penggilingan padi untuk mendukung program swasembada pangan nasional.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Probolinggo, Santiyono mengatakan pemanfaatan penggilingan padi milik KUD merupakan salah satu upaya dalam rangka revitalisasi koperasi tersebut, sehingga diharapkan adanya sinergi salah satu usaha KUD bisa kembali berjalan dengan baik sebagai cita-cita awal didirikan KUD.

"Kami berharap bisa melakukan sinergi program swasembada pangan nasional di Probolinggo dengan melibatkan KUD karena sebanyak 18 KUD memiliki aset penggilingan padi dan lantai jemur," tuturnya di Probolinggo, Selasa.

Untuk tingkat daerah, lanjut dia, program pencapaian swasembada pangan tersebut dilaksanakan Dinas Pertanian bekerja sama dengan personel TNI dari Kodim 0820 Probolinggo. 

"Biasanya padi yang diproduksi petani harus digiling terlebih dulu supaya menjadi beras dan saat ini masih ada 18 KUD yang memiliki penggilingan padi yang bisa diajak untuk kerja sama," katanya.

Demi mewujudkan hal tersebut, ia mengaku akan berkoordinasi terlebih dulu dengan KUD yang mempunyai penggilingan padi dan mengundang Dinas Pertanian, Kodim 0820 Probolinggo dan kelompok tani. 

"Pertemuan koordinasi itu bertujuan untuk membahas pemanfaatan penggilingan padi milik KUD yang selama ini tidak beroperasi secara maksimal," ujarnya.

Menurutnya, usaha penggilingan padi yang dimiliki sejumlah KUD di Probolinggo tidak jalan karena mereka kesulitan di sisi keuangan, sehingga dengan program swasembada tersebut diharapkan dapat menggandeng pihak perbankan.

"Kami berharap pihak perbankan ikut serta dalam program pencapaian swasembada pangan nasional, sehingga bisa berhasil secara tim melalui keterlibatan KUD," katanya. (*)


     

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016