Jember (Antara Jatim) - Tiket kereta api kelas ekonomi jarak jauh KA Logawa jurusan Jember-Purwokerto untuk masa angkutan Lebaran 2016 terjual habis khususnya keberangkatan tanggal 2-5 Juli 2016.

"Sejak dibuka penjualan tiket kereta api untuk mudik Lebaran 2016 pada 28 Maret 2016, banyak masyarakat yang langsung membeli tiket mudik Lebaran, agar tidak kehabisan tiket kereta," kata Manajer Humas PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi (Daop) IX Jember, Krisbiantoro di Jember, Kamis.

Data di Daop IX Jember hingga Kamis malam tercatat tiket KA Logawa tujuan Purwokerto yang terjual habis untuk keberangkatan H-4 Lebaran (2 Juli 2016), H-3 Lebaran (3 Juli 2016), H-2 Lebaran (4 Juli 2016), dan H-1 Lebaran (5 Juli 2016).

"Data tersebut akan bergerak terus karena pemesanan tiket masa angkutan Lebaran masih berlangsung dan dapat dipesan atau dibeli masyarakat melalui dalam jaringan (daring), sehingga dalam hitungan jam bisa berubah jumlah tiket yang sudah dibeli oleh calon penumpang," tuturnya.

Sementara tiket angkutan Lebaran yang terjual diatas 80 persen yakni KA Logawa untuk keberangkatan H-5 Lebaran atau 1 Juli 2016 dan KA Sritanjung jurusan Banyuwangi-Lempuyangan Yogyakarta untuk keberangkatan tanggal 2 Juli 2016.

"Cepat habisnya tiket kereta api di sejumlah tujuan mudik Lebaran karena calon penumpang bisa memesan tiket secara daring maupun datang ke stasiun, jauh-jauh hari yakni 90 hari sebelum masa keberangkatan," katanya.

Krisbiantoro mengimbau masyarakat yang akan menggunakan moda transportasi kereta untuk mudik Lebaran 2016 dapat melakukan pemesanan tiket melalui laman tiket.kereta-api.co.id, aplikasi telepon pintar, Contact Center KAI 121, agen tiket KA, toko modern berjaringan, Kantor Pos, Pegadaian, E-kios, dan kanal-kanal eksternal lainnya.

"Sejauh ini belum ada penambahan kereta api baru untuk angkutan Lebaran di wilayah Daop IX Jember, namun jumlah gerbong di masing-masing KA yang sudah ada akan dimaksimalkan sesuai dengan daya angkut lokomotif kereta yang bersangkutan," ujarnya menambahkan.      

Rangkaian kereta yang beroperasi di wilayah Daop IX Jember yakni kereta kelas eksekutif dan bisnis KA Mutiara Timur jurusan Banyuwangi-Surabaya, kemudian kereta kelas ekonomi KA Logawa jurusan Jember-Purwokerto, KA Sritanjung jurusan Banyuwangi-Lempuyangan Yogyakarta, KA Tawangalun jurusan Banyuwangi-Malang, KA Probowangi jurusan Banyuwangi-Surabaya, dan KA Pandanwangi jurusan Banyuwangi-Jember.

Sementara salah seorang calon penumpang KA Logawa asal Jember, Hamidah mengaku sudah membeli tiket kereta untuk keberangkatan H-4 Lebaran untuk tujuan Madiun, agar tidak kehabisan tiket.

"Pada Lebaran tahun lalu, saya kehabisan tiket kereta api untuk mudik Lebaran karena membeli sebulan sebelum Lebaran, sehingga tahun ini saya antisipasi jauh-jauh hari untuk membeli tiket kereta untuk Lebaran 2016," katanya. (*)

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Tunggul Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016