Surabaya (Antara) - Pangkalan TNI AL (Lanal) Batuporon, Lantamal V, membantu korban banjir pada beberapa desa di Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur, dengan mengirimkan personel dan peralatan evakuasi.

Dinas Penerangan Lantamal V dalam keterangan pers yang diterima Antara di Surabaya, Senin, melaporkan Komandan Lanal Batuporon Letkol Marinir Purwanto Hadi S telah memerintahkan satu SST (Satuan Setingkat Peleton) untuk membantu warga Kota Sampang.

Menyikapi perintah itu, para prajurit Lanal Batuporon  langsung bergabung dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sampang, Kodim 0828/Sampang, Polres Sampang, dan masyarakat untuk bergotong royong membantu masyarakat yang terkena musibah itu.

"Bebepara warga menyampaikan bahwa banjir tahun ini (2016) memang setiap tahun, namun untuk tahun ini lebih parah, karena genangan air sampai lebih dari satu hari," kata Komandan Lanal Batuporon.

Selain mengirimkan personelnya, Lanal Batuporon juga mengirimkan bahan kontak (makanan siap saji) untuk diberikan langsung kepada warga dan perahu karet.

Pada Minggu (28/2), Komandan Lanal Batuporon bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FKPD) Kabupaten Sampang, Wakil Bupati Sampang Drs Fadilah Budiono dan Wakil Gubernur Jawa Timur Drs Saifullah Yusuf meninjau lokasi banjir.

Data BPBD Kabupaten Sampang mencatat korban banjir sebanyak 11.468 kepala keluarga (KK) atau 34.225 jiwa yang tersebar di tujuh desa dan enam kelurahan di Kota Sampang.

Selain merendam rumah-rumah warga, banjir yang terjadi sejak Jumat (26/2) dan hingga Senin (29/2) masih berlangsung itu juga merendam tujuh lembaga pendidikan, sejumlah tempat ibadah berupa masjid dan mushalla, serta kantor pemerintahan di lingkungan Pemkab Sampang.

Sementara itu, Pangkalan Utama TNI AL V (Lantamal V) juga melakukan kegiatan sosial bekerja sama dengan Gramedia dengan mengumpulkan 1.000 kantong darah dalam Aksi Sosial Donor dalam rangka Hari Dharma Samudera 2016 dan HUT ke-46 Gramedia di Mako Lantamal V, Surabaya (29/2).

Aksi sosial pengumpulan 1.000 kantong darah kali ini bertemakan "Donorkan Darahmu, Ayo!! Menjadi Pahlawan" itu dihadiri Wakil Gubernur Jawa Timur Drs Saifullah Yusuf, Komandan  Lantamal V Brigjen TNI (Mar) Rudy Andi Hamzah, dan Corporate Communication Director Gramedia Widi Krestawan.

Hal yang sama dilakukan prajurit Pengawak Pos TNI AL (Posal) Demak, Lanal Semarang, Lantamal V, yang dikomandani Pelda Sba Sukismo, dengan mengadakan bersih-bersih sekitar lokasi wilayah Pelabuhan Perikanan Pantai Moro, Demak (29/2). (*)

Pewarta: Edy M Yakub

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016