Pamekasan (Antara Jatim) - Manajer Madura United Football Club (MUFC) Haruna Soemitro memastikan klub sepak bola yang dipimpinnya akan menjalani laga uji coba dengan Persiba Balikpapan pada 20 Februari 2016 di Stadion Achmad Yani Sumenep, Jawa Timur.

"Saat ini kami sedang mempersiapkan terkait rencana uji tersebut, termasuk pemusatan latihan tim ini yang rencananya akan digelar di Kota Batu pada 18 Februari ini," katanya dalam keterangan persnya yang disampaikan kepada Antara di Pamekasan, Rabu sore.

Ia menjelaskan uji coba klub sepak bola MU dengan Persiba Balikpapan itu sebagai proses untuk memperkenalkan komposisi tim yang akan dibawa ke ajang Piala Gubernur Kaltim.

Sebab, sesuai dengan keputusan pihak manajemen, MUFC juga akan berlaga pada ajang Piala Gubernur Kaltim yang akan digelar dalam waktu dekat ini.

"Paling tidak, dengan uji coba ini, kami bisa mengetahui kemampuan para pemain MUFC," kata Haruna menjelaskan.

MUFC merupakan klub sepak bola baru di Pulau Garam Madura, selain Persepam Madura Utama (P-MU) dan Perrsu Madura United.

MUFC awalnya merupakan klub sepak bola Pelita Bandung Raya (PBR).

Perubahan nama PBR menjadi Madura United FC ini karena perubahan kepemilikan. Kini PBR resmi diambil alih oleh mantan bendahara PSSI Ahsanul Qosasi asal Sumenep, Madura, Jawa Timur, yang sebelumnya juga pernah menjadi manajer klub sepak bola asal Pamekasan, Persepam Madura United.

Selanjutnya Madura United FC dilatih oleh Gomes D Olivera dengan badan hukum PT Polana Bola Madura Bersatu.

Sebelum berubah nama menjadi MUFC, PBR telah berubah delapan nama, Pelita Mastrans, Pelita Bakrie, Pelita Solo (2000-2002; markas di Stadion Manahan, Solo), Pelita Krakatau Steel (2002-2006), Pelita Jaya Purwakarta (2006-2007) dan Pelita Jabar (2008-2009) markas di Stadion Si Jalak Harupat, Bandung.

Selanjutnya klub ini juga berubah nama menjadi Pelita Jaya FC Karawang (2010-2012) markas di Stadion Singaperbangsa, Karawang, Pelita Bandung Raya (sejak 2012) markas di Stadion Si Jalak Harupat, Bandung, Persipasi Bandung Raya (PBR) dengan markas di Bekasi.

Setelah menjadi MUFC, kini manajemen klub sepak bola itu mulai melakukan seleksi.

Menurut Manajer Madura United FC Haruna Soemitro, pemain asal Spanyol Pablo Rodriguez Aracil bakal meramaikan persaingan seleksi legiun asing di Madura United FC.

"Rodriguez dalam waktu dekat akan bergabung dengan tim untuk menjalani latihan," katanya.

Sebelumnya, Madura United sudah kedatangan tiga pemain asal Brazil, yakni Marcelo Souza Prifirio, Vinicius, dan Fernando Texiera. Mereka akan dilihat performanya dalam pertandingan uji coba lawan Arema Cronus akhir pekan ini.

Manajer Madura United Haruna Soemitro mengungkapkan Rodriguez pernah merasakan kerasnya persaingan Piala AFC musim lalu berama klub Maladewa Maziya S dan RC.

Namun demikian, sambung dia, meski memiliki reputasi cukup bagus, Rodriguez belum bisa dipastikan menjadi bagian Madura United. (*)

Pewarta: Abd. Azis

Editor : Endang Sukarelawati


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016