Madiun (Antara Jatim) - Pemerintah Kota Madiun bekerja sama dengan Polres Madiun Kota, Jawa Timur, menggelar kegiatan "Car Free Night" (CFN) 2016 pada malam pergantian tahun 2016, Kamis (31/12) malam, guna mencegah konvoi. 
     
Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Madiun Kota, AKP I Gusti Made Merta, Kamis, mengatakan, kegiatan yang digelar pada malam tahun baru tersebut akan dipusatkan di Alun-Alun Kota Madiun dan sepanjang Jalan Pahlawan dengan menutup sejumlah ruas jalan menuju lokasi.
     
"Kegiatan CFN nantinya terpusat di alun-alun dan sepanjang Jalan Pahlawan. Adapun, pola pengamanan yang dilakukan jajaran kepolisian, di antaranya menerapkan sistem buka dan tutup jalur di lokasi rawan macet, menempatkan petugas gabungan yang terdiri atas kepolisian, Satpol PP, POM AU/AD, maupun Dishubkominfo di pos pengamanan terutama di lokasi keramaian masyarakat," ujar AKP Merta kepada wartawan.
     
Menurut dia, CFN kali ini merupakan tahun kedua yang digelar Pemkot bersama Polres Madiun Kota.  Hal ini bertujuan untuk menciptakan keamanan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas. 
     
Selain itu, juga untuk menghindari balap liar, konvoi, kemacetan, dan untuk menekan terjadinya kecelakaan lalu lintas. 
     
Ia menjelaskan, pada acara tersebut akan terdapat beraneka kegiatan, mulai dari hiburan seni, pesta kembang api, kuliner, pameran, hingga atraksi dari berbagai komunitas.
    
Adapun, sejumlah jalan yang akan ditutup untuk mendukung acara tersebut antara lain, Jalan Pahlawan mulai dari Balai Kota Madiun hingga persimpangan tugu. Kemudian juga sepanjang Jalan Agus Salim, Panglima Sudirman sekitar kawasan alun-alun, hingga Jalan Alun-Alun Timur. Lalu, Jalan Kolonel Marhadi, Sulawesi, Kalimantan, Perintis Kemerdekaan, Semeru, Merapi,  
     
Diperkirakan, kegiatan tersebut akan banyak diikuti ribuan warga. Tidak hanya dari Kota Madiun saja, namun juga daerah lain di sekitarnya, seperti Magetan, Ngawi, Ponorogo, dan Kabupaten Madiun.
     
Untuk menjaga keamanan dan ketertiban, aparat yang diterjunkan berasal dari gabungan TNI, Polri, dan pemerintah kota.
     
Pihaknya berharap, acara "Car Free Night" 2016 dapat berjalan lancar dan kondusif. Sebab, kegiatan tersebut dapat menumbuhkan kreativitas para generasi muda dari pada merayakan pergantian tahun dengan konvoi ataupun kegiatan lainnya yang negatif dan merugikan masyarakat.  (*)

Pewarta: Louis Rika Stevani

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2015