Surabaya, (Antara Jatim) - Ketua Komisi Yudisial Suparman Marzuki memercayai Jaksa Agung akan memilih jaksa-jaksa terbaiknya untuk ditugaskan pada kejaksaan-kejaksaan tinggi seperti di Kejaksaan Tinggi Jawa Timur.

"Kami percaya Jaksa Agung akan menugaskan jaksa terbaiknya untuk bekerja di kejaksaan level tinggi seperti di Kejaksaan Tinggi Jatim ini," katanya saat dikonfirmasi usai memberikan kuliah umum di Universitas Surabaya, Surabaya, Senin.

Menurutnya, meskipun bukan menjadi kewenangan dari Komisi Yudisial, namun pihaknya sebagai mitra percaya saat ini sedang berusaha untuk menjadi institusi yang dipercaya.

"Jadi tidak mungkin Jaksa Agung akan menugaskan jaksa tinggi di kejaksaan level tinggi di Jawa Timur dengan jaksa yang tidak baik," kata Suparman Marzuki.

Pihaknya yakin, jaksa yang akan ditugaskan di Jawa Timur tersebut pastinya  jaksa tinggi yang memiliki reputasi baik.

"Komisi Yudisial menjadikan Jaksa Agung sebagai mitra dan kami sebagai mitra selama ini bekerja sama dengan baik," katanya.

Ia mengatakan, kedepan jaksa tinggi yang ditempatkan di daerah-daerah menjadi jaksa tinggi yang reformasi hukum.

"Diharapkan reformasi kejaksaan lebih dipercaya publik itu saja," katanya.

Sebelumnya, Maruli Hutagalung mendapatkan promosi jabatan untuk menjadi Kepala Kejaksaan Tinggi Jawa Timur menggantikan Elvis Johnny.

Padahal, nama Maruli Hutagalung mencuat setelah disebut-sebut oleh Evy Susanti mendapatkan dana Rp500 juta untuk "pengamanan" dugaan korupsi dana hibah dan bansos Pemprov Sumut periode 2012-2013 hingga kasus yang semula ditangani oleh Kejati Sumut diambil alih oleh Kejagung. (*)

Pewarta: Indra Setiawan

Editor : Tunggul Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2015