Tulisan tentang Pantai Papuma, Kabupaten Jember, Jawa Timur mungkin sudah banyak dibahas di beberapa laman atau "website", bahkan juga sudah ditulis berkali-kali di berbagai media cetak, bahkan ditayangkan televisi.

Namun, banyaknya kata, tulisan atau tayangan yang muncul mengenai pantai itu, tidak malah menyebabkan keindahannya habis, bahkan setiap kali ditulis dan diambil gambar dengan tangan berbeda menimbulkan keindahan baru.

Salah satu keindahan itu adalah keberadaan senja yang selalu hadir mengintip dibalik pohon sepanjang garis Pantai Papuma ketika sore datang.

Satu persatu wisatawan, mencoba mendapatkan momen tenggelamnya matahari itu dengan mengabadikannya melalui kamera "smartphone".

Senja Pantai Papuma, inilah yang membuat wisatawan terkesima ketika datang ke pantai ini, di luar keindahan dan keanggunan pantainya yang membentang luas.

Pantai yang terletak di Kecamatan Wuluhan, 45 kilometer arah selatan Jember ini juga menawarkan banyak destinasi keindahan lainnya.

Pantai ini dikenal juga sebagai Pantai Tanjung Papuma, karena letaknya yang menjorok laut dan disebut sebagai tanjung.

Seperti kita tahu, tanjung adalah daratan kecil yang menjorok ke laut, sedangkan Papuma berasal dari akronim "pasir putih malikan". Malikan adalah nama yang diberikan oleh Perhutani setelah mulai membuka lokasi wisata ini.

Untuk datang ke sini, dari Kota Jember perjalanan membutuhkan waktu sekitar 45 menit, namun saat memasuki kawasan pantai ini harus ekstra hati-hati karena masih rusak dan waspada jika hujan, pasalnya jalanan tanah dan licin.

Pantai Terbaik Dunia
Pada Februari 2015, laman perjalanan TripAdvisor mengumumkan pemenang "Travelers Choice 2015" mengenai 10 pantai terbaik dunia, salah satunya adalah Pantai Papuma, Jember.
  
Barbara Messing, chief marketing officer TripAdvisor, dalam keterangan persnya mengatakan pemenang penghargaan "Travellers’ Choice" ditentukan berdasarkan kuantitas dan kualitas ulasan dan rating yang diberikan wisatawan periode 12 bulan terakhir.

Untuk Pantai Papuma, kata Barbara, diakui sebagian besar wisatawan memiliki ombak yang mengesankan, dan dikenal sebagai tempat yang indah bagi wisatawan yang ingin menjauh dari kota untuk menikmati pemandangan alami.

Selain Papuma, pantai lain di Indonesia yang masuk daftar 10 terbaik adalah Pantai Nusa Dua, Pantai Padang-Padang, Pecatu, Pantai Balangan, Kuta, yang kesemuanya ada di Bali, serta Pantai Tanjung Aan, Lombok, Nusa Tenggara Barat.(*)

Pewarta: A Malik Ibrahim

Editor : Chandra Hamdani Noer


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2015