Durbai, (Antara/Reuters) - Tim-tim papan atas Afrika memastikan tempat pada grup kualifikasi penentu Piala Dunia tahun depan, setelah menjalani pertandingan-pertandingan fase gugur pada Selasa.

Aljazair, Kamerun, Ghana, Mesir, Pantai Gading, Nigeria, Senegal, Afrika Selatan, dan Tunisia, yang telah bermain pada Piala-Piala Dunia sebelumnya, akan menjadi peserta dari 20 negara yang mengikuti undian untuk putaran selanjutnya setelah berhasil memenangi dua leg pertandingan mereka.

Ghana dan Nigeria keduanya menjalani pertandingan sulit menghadapi tim-tim yang lebih kecil, sedangkan trio Afrika Utara yakni Aljazir, Mesir, dan Tunisia menikmati hasil-hasil yang lebih mudah.

Pemain Pantai Gading Giovanni Sio mencetak dua gol ketika sang juara Afrika menang 3-0 atas tetangganya Liberia, untuk mencatatkan kemenangan agregat 4-0, sedangkan Senegal menang 3-0 atas Madagaskar untuk menorehkan kemenangan agregat 5-2, melalui gol-gol dari Cheikhou Kouyate, Moussa Konate, dan Mame Biram Diouf.

Kamerun ditahan imbang tanpa gol oleh tamunya Niger namun kemenangan 3-0 pada pertandingan leg pertama yang dimainkan pada Jumat memberi dasar untuk kesuksesan mereka. Gol bunuh diri membuat Afrika Selatan menang 1-0 atas Angola di Durban untuk mengukir kemenangan agregat 4-1.

Nigeria mengalahkan Swaziland dengan skor 2-0 di Port Harcourt melalui gol-gol dari Moses Simon dan Efe Ambrose, setelah bermain imbang tanpa gol pada pertandingan leg pertama.

Ghana juga menang agregat 2-0 setelah pertandingan berat melawan negara kecil Kepulauan Komoro di Kumasi. Tendangan bebas Mubarak Wakaso dan gol larut dari Jordan Ayew memastikan kelolosan mereka.

Bek Faouzi Ghoulam dan penyerang Islam Slimani masing-masing menyarangkan dua gol ketika Aljazair menghancurkan Tanzania dengan skor 7-0 untuk menang agregat 9-2, sedangkan pemain Mesir Ahmed Hassan mengemas dua gol saat timnya menang 4-0 atas Chad di Alexandria.

Tunisia menang 2-1 atas Mauritania di kandang untuk menyamai skor dari pertandingan tandang pada akhir pekan.

Burkina Faso juga melaju pada Selasa, bersama dengan Kepulauan Cape Verde, Kongo, Mali, dan Libya, yang mencatatkan satu-satunya kemenangan tandang pada Selasa untuk menyingkirkan Rwanda di Kigali.

Liga domestik Libya terhenti oleh perkelahian sipil dan tim nasional harus memainkan pertandingan kandangnya di tempat netral.

Republik Demokratik Kongo, Gabon, Guinea, Uganda, Zambia, dan Maroko telah memastikan tempat mereka di putaran berikutnya.

FIFA belum memutuskan tanggal untuk undian di mana 20 negara akan dibagi dalam lima grup yang masing-masing berisi empat tim, di mana para juara grup melaju ke putaran final turnamen 2018 di Rusia. (*)

Pewarta: Supervisor

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2015