Sidoarjo (Antara Jatim) - Puluhan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia mengikuti kompetisi "National Marketing Research Competition" (NMRC) yang diselenggarakan oleh perusahaan otomotif PT Mitra Pinasthika Mustika.

Direktur SDM MPMX, Titien Supeno di Sidoarjo, Kamis mengatakan terdapat 30 tim dari 14 perguruan tinggi yang tersebar di seluruh Indonesia yang mengikuti kompetisi marketing ini.

"Kami sangat mendukung adanya kegiatan seperti ini supaya bisa mencari ide-ide baru dari para mahasiswa ini," katanya di sela-sela penjurian kegiatan di Kantor MPM Sedati, Sidoarjo, Jawa Timur.

Ia mengemukakan, dukungan dari kegiatan ini merupakan bagian dari komitmen perusahaan dalam mengembangkan bisnis melalui inovasi, terutama di bidang pemasaran.

"Kami meyakini industri konsumer otomotif akan menjadi sektor yang terus berkembang dan memberikan kontribusi berkelanjutan serta menjadi tulang punggung ekonomi Indonesia dalam jangka panjang," katanya.

Ia mengatakan, salah satu kebutuhan utama dari industri otomotif saat ini adalah kebutuhan marketing yang handal dalam mempromosikan produk yang sudah diproduksi.

"Oleh karena itu, sangat pas bagi kami untuk menyelenggarakan kegiatan ini karena mampu mendapatkan ide-ide segar dari para mahasiswa yang ikut berkompetisi dalam kegiatan ini," katanya.

Begitu pula sebaliknya, kata dia, para mahasiswa tersebut juga bisa merasakan bagaimana persaingan dalam menjalankan dunia usaha melalui kompetisi ini.

"Kami juga akan terus berkomunikasi dengan para mahasiswa yang menjadi pemenang dalam kompetisi ini dan tidak menutup kemungkinan akan memperkerjakan mereka di perusahaan," katanya.

Presiden Direktur MPM Mulia Suwito mengatakan bahwa kompetisi ini dapat bersifat riil dan aplikatif.

"Sebagai bagian dari kompetisi, para peserta juga berkesempatan untuk belajar langsung dari ahli-ahli pemasaran di MPM Group dan MPMulia yang telah berpengalaman menghadapi berbagai tantangan pemasaran," katanya.

Hadir sebagai juara satu dalam kompetisi ini tim Good Day dari Universitas Udayana dengan judul penelitian Honda Loyalty Program Sebagai Upaya Penumbuhan Loyalitas Pengguna Pemula Brand Honda di Kota Denpasar.

"Juara kedua diraih oleh tim Auriga dari Universitas Indonesia dengan judul penelitian Analisis Pengaruh Experiental Marketing dan Experiental Value Terhadap Brand Loyalty Pada Pelanggan Muda Sepeda Motor," katanya.(*)

Pewarta: Indra Setiawan

Editor : Masuki M. Astro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2015