Jember (Antara Jatim) - Kedatangan jemaah haji kelompok terbang 10, 11, 12, dan 13 di Kabupaten Jember, Jawa Timur, tersebar di 19 titik pada Minggu (4/10) hingga Senin (5/10).

"Sesuai jadwal yang kami terima, kloter 10 baru tiba di Bandara Juanda pada Sabtu malam sekitar pukul 21.30 WIB dan kemungkinan tiba di beberapa titik kedatangan di Jember pada Minggu pagi," kata Kepala Seksi Haji dan Umroh Kemenag Jember, Misbahul Munir, Sabtu.

Untuk kloter 11 berangkat dari Mekkah terbang ke Indonesia pada Sabtu pukul 09.00 waktu Arab Saudi dan tiba di Bandara Juanda Surabaya pada pukul 23.30 WIB, kemudian kloter 12 berangkat dari Mekkah terbang ke Indonesia pada Minggu (4/10) pukul 11.00 Waktu Arab Saudi dan tiba di Surabaya pukul 01.30 WIB.

"Untuk kloter terakhir, kloter 13, jemaah haji tiba di Bandara Juanda pada Senin (5/10) pukul 00.30 WIB dan diperkirakan tiba di sejumlah lokasi kedatangan pada pukul 10.00 WIB," tuturnya.

Menurut dia, rombongan jemaah haji harus transit dulu ke Asrama Haji Sukolilo untuk proses administrasi, kemudian rombongan tersebut akan pulang ke Jember dengan menggunakan bus yang sudah disiapkan.

"Mudah-mudahan jadwal pemulangan jemaah haji asal Jember itu tidak mengalami keterlambatan dan sesuai dengan jadwal yang sudah kami terima," katanya.

Kemenag Jember, lanjut dia, menyiapkan tiga titik penjemputan bagi keluarga jemaah haji untuk kloter 10, kemudian delapan titik untuk kedatangan kloter 11, lima titik untuk kloter 12, dan sebanyak tiga titik penjemputan kloter 13.

"Titik pemulangan jemaah haji tersebar di beberapa lokasi di antaranya kantor kecamatan, masjid, pondok pesantren dan Universitas Jember," ujarnya.

Ia mengimbau kepada keluarga jemaah haji, agar tidak menjemput jemaah haji di Asrama Haji Sukolilo karena penjemputan di sana diluar tanggung jawab Kemenag Jember.

"Kami juga sudah berkoordinasi dengan aparat kepolisian terkait dengan pengamanan pemulangan jamaah haji di Kabupaten Jember yang tersebar di 19 titik tersebut," kata Misbahul.

 Jumlah jemaah haji Jember tahun 2015 sebanyak 1.654 orang yang dibagi dalam empat kloter yakni kloter 10, 11, 12, dan 13.(*)

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Tunggul Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2015