Surabaya (Antara Jatim) - Transaksi di Pasar Seni Lukis Indonesia di Surabaya, Jawa Timur, ditargetkan mencapai Rp3,5 miliar dari para kolektor, pelukis, maupun penikmat seni.

"Saya optimistis bahwa para pelukis dalam PSLI tetap memeroleh perhatian dari penikmat dan kolektor lukisan," kata Ketua Panitia PSLI sekaligus Ketua Sanggar Merah Putih M Anis di Jatim Expo Surabaya, Jumat.

Ia mengatakan pihaknya menargetkan hasil transaksi bisa mencapai Rp3,5 miliar yang dinilai sangat realistis apalagi melihat hasil karya para pelukis yang tidak main-main.

"Pada tahun 2014 ada sekitar 784 buah lukisan yang terjual dengan nilai transaksi Rp2,7 miliar dari 228 pelukis di seluruh Indonesia, sedangkan pada tahun ini bisa melebihi target tahun lalu sebesar Rp3,5 miliar," paparnya.

Lebih lanjut dia mengungkapkan, transaksi lukisan yang terus meningkat ini mengindikasikan beberapa hal, di antaranya kualitas karya pelukis yang semakin bagus, bertambahnya peminat karya lukis, maupun promosi yang memadai.

"Momen seperti inilah yag diharapkan oleh para pelukis maupun penggemar karya lukis sebagai ajang ciri khas dari lukisannya karena lukisan bukanlah kebutuhan pokok," tuturnya.

Dalam acara tersebut dibuka langsung oleh Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Luhut Panjaitan dan musisi pengelana yang amat menikmati karier musiknya di jalanan, Leo Imam Sukarno atau lebih dikenal dengan nama Leo Kristi. (*)

Pewarta: Laily Widya Arisandhi

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2015