Sumenep (Antara Jatim) - Harga daging sapi di Pasar Anom Baru di Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, Senin, mengalami penaikan dibanding pekan lalu, yakni dari Rp110 ribu/kilogram menjadi Rp120 ribu.

"Selain daging sapi, harga daging ayam kampung dan ayam broiler juga mengalami penaikan. Itu sesuai hasil pemantauan harga yang dilakukan staf kami," kata Kepala Bidang Perdagangan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sumenep, R Heni Yulianto di Sumenep, Jawa Timur, Senin.

Harga daging ayam kampung yang sebelumnya Rp70 ribu/kilogram, naik menjadi Rp75 ribu.

Sementara harga daging ayam broiler naik dari Rp29 ribu/kilogram menjadi Rp30 ribu.

"Kami menduga penaikan harga pada komoditas daging, baik daging sapi, ayam kampung, maupun ayam broiler, diakibatkan naiknya permintaan," ujarnya.

Pada masa menjelang pemulangan jamaah haji, kata dia, kerabat dekat calon haji di Sumenep biasanya menggelar doa bersama dengan mengundang sejumlah tetangganya.

"Mereka biasanya memasak masakan yang berbahan daging untuk disuguhkan kepada warga yang diundang itu. Kesibukan kerabat dekat akan bertambah padat, ketika jamaah haji datang, karena dipastikan banyak tamu untuk bersilaturrahim," ucapnya.

Heni juga mengemukakan, pada tahun-tahun sebelumnya, harga daging menjelang pemulangan jamaah haji memang mengalami penaikan.

Sementara harga komoditas lainnya, seperti beras premium dalam kemasan 25 kilogram, gula pasir, minyak goreng curah, dan mentega curah, terpantau stabil.

Harga beras premium dalam kemasan 25 kilogram dengan merek "Ikan Paus" tetap Rp245 ribu, "Lima Jaya Super" Rp240 ribu, dan "Lima Jaya" Rp220 ribu.

Harga gula pasir juga tetap pada kisaran Rp10.500 perkilogram hingga Rp11 ribu, mentega curah Rp22 ribu, dan minyak goreng curah Rp10 ribu. 

Disperindag Sumenep memantau harga kebutuhan pokok di dua pasar di Kecamatan Kota, yakni Pasar Anom Baru sebagai lokasi utama dan Pasar Bangkal Baru sebagai lokasi pembanding. (*)

Pewarta: Slamet Hidayat

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2015