Malang (Antara Jatim) - Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) dan Pemkot Malang telah membangun sinergi dan kerja sama lewat program "blusukan" yang dilaksanakan dua pekan sekali untuk melihat dari dekat kondisi masyarakat Kota Malang.

"Komandan Lanal beserta jajarannya telah membangun sinergi yang cukup baik dan kokoh dengan Pemkot Malang. Kerja sama yang terjalin selama ini merupakan keterlibatan langsung Lanal dalam program blusukan yang dicanangkan pemkot dan dilaksanakan setiap dua pekan sekali," kata Wali Kota Malang, Jawa Timur, Moch Anton ketika memberi pembekalan kepemimpinan bagi 12 siswa Kursus Komandan Pangkalan Angkatan Laut (Susdanlanal) di Balai Kota Malang, Selasa.

Dalam pembekalan tersebut, wali kota meminta agar para pimpinan Lanal untuk menyatu dengan pimpinan daerah maupun masyarakat yang ada di wilayah kerjanya (tugasnya).

Wali kota juga berpesan agar siswa Susdanlanan nantinya juga mampu membangun sinergi dengan pemda setempat setelah mereka menduduku jabatan.

"Meskipun AL adalah matra kelautan, Danlanal Malang beserta jajarannya, selama ini banyak bersinergi dengan Pemkot Malang, bahkan terlibat secara langsung dalam kegiatan blusukan yang digelar Pemkot Malang," ujarnya.

Lebih lanjut, Anton mengatakan saat ini kota Malang sedang giat-giatnya melaksanakan program pembangunan sebagai bentuk perwujudan visi dan misi Kota Malang yang pada muaranya untuk menyejahterakan dan menurunkan angka kemiskinan di kota itu.

Upaya yang dilakukan Pemkot Malang, ucapnya, selain melakukan pendekatan kepada masyarakat untuk melihat langsung problematika yang terjadi bersama FORKOPIMDA dan para pemangku jabatan lainnya, master plan pembangunan Kota Malang juga dilakukan secara tertata dan terencana serta memiliki fungsi untuk mengatasi masalah yang terjadi di masyarakat.

Solusi yang diambil para pengambil kebijakan ini, katanya, juga harus berdampak positif pada perekonomian daerahnya agar masyarakat tidak lagi was-was dalam menghadapi pertumbuhan global. "Setelah dilakukannya kegiatan ini, saya berharap  apa yang telah dilakukan bersama memiliki nilai strategis untuk mendukung program pembangunan, sebab jika setiap daerah melakukan program dengan baik, secara tidak langsung akan memperkuat negara Indonesia," ujarnya.

Sementara itu Ketua rombongan Susdanlanal Letkol Laut Mansyur berharap kunjungannya kali ini dapat memberikan dampak positif bagi para perwira calon pemimpin daerah dan mendapat arahan yang tepat dari Pemerintah Kota Malang untuk melaksanakan tugasnya.

"Harapan kami, siswa Susdanlanal ini nanti memperoleh ilmu kepemimpinan yang nantinya bisa diterapkan ketika mereka terjun (bertugas) di tengah-tengah masyarakat, tidak hanya di Malang, tapi mungkin juga di daerah lain," katanya.(*)

Pewarta: Edang Sukarelawati

Editor : Masuki M. Astro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2015