Sumenep (Antara Jatim) - Jumlah penumpang kapal milik PT Sumekar yang beroperasi ke dua kepulauan di Kabupaten Sumenep, yakni Kangean dan Sapeken, meningkat, menjelang Hari Raya Idul Adha 2015.

"Selain Idul Adha, kami menduga peningkatan jumlah penumpang kapal kami ke Kangean dan Sapeken juga diakibatkan tidak beroperasinya salah satu kapal milik operator lain pada akhir pekan lalu," kata Direktur PT Sumekar, Rasul Junaidy di Sumenep, Jawa Timur, Selasa.

Ia menjelaskan, peningkatan jumlah penumpang kapalnya itu terjadi dalam dua kali pemberangkatan ke Kangean dan Sapeken, yakni pada Jumat (18/9) dan Minggu (20/9).

Pada Jumat (18/9), Kapal Dharma Bahari Sumekar (DBS) I milik PT Sumekar bertolak dari Pelabuhan Kalianget ke Kangean dengan mengangkut 397 penumpang dan selanjutnya Kapal DBS I bertolak dari Kangean pada Sabtu (19/9) ke Kalianget dengan membawa 220 penumpang.

Sementara pada Minggu (20/9), Kapal DBS I bertolak dari Kalianget dengan mengangkut 344 penumpang, dengan rincian 225 penumpang ke Kangean dan 118 penumpang ke Sapeken.

Selanjutnya pada Senin (21/9), Kapal DBS I kembali ke Kalianget dengan mengangkut 17 penumpang dari Sapeken dan 166 penumpang dari Kangean.

"Kapal kami memang melayani rute Kalianget-Kangean-Sapeken pada setiap Minggu. Di internal kami, jumlah penumpang kapal di atas 250 orang pada setiap kali pemberangkatan sudah masuk kategori meningkat," kata Rasul, menerangkan.

PT Sumekar adalah salah satu dari dua perusahaan pelayaran yang menjadi operator reguler di lintasan Kalianget-Kangean.

Kapal milik PT Sumekar melayani lintasan Kalianget-Kangean sebanyak tiga kali dalam sepekan, yakni Selasa, Minggu, dan Jumat.

Pada setiap Minggu, Kapal DBS I milik PT Sumekar beroperasi hingga ke Sapeken atau melayani rute Kalianget-Kangean-Sapeken. (*)

Pewarta: Slamet Hidayat

Editor : Chandra Hamdani Noer


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2015