Surabaya (Antara Jatim) – Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini mengatakan relokasi bangunan SDN Penjaringansari 1 menjawab solusi proses belajar mengajar di wilayah Kecamatan Rungkut, Surabaya.

“Relokasi SDN Penjaringansari ini dari Jalan Pandugo ke Jalan Kendalsari Selatan, Kecamatan Rungkut, Surabaya bertujuan menampung anak di usia sekolah SD di wilayah sini,” kata Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini usai peresmian gedung SDN Penjaringan Sari 1 yang berada di kawasan Kendalsari Selatan, Surabaya, Senin.

Menurut dia, wilayah Kendalsari Selatan cukup jauh dari sekolah dasar yang ada, sehingga dipindahnya bangunan SDN Penjaringansari 1 diharapkan menjadi solusi atas keluhan dari warga sekitar soal tidak adanya fasilitas sekolah dasar.

“Kalau saya berharap di lahan itu bisa dibangun sekolah baru,  namun Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Surabaya lebih memilih lahan tersebut dimanfaatkan untuk merelokasi sekolah lama karena belum ada lahan yang bisa dipakai buat SDN Penjaringansari 1 yang terancam digusur,” tuturnya.

Lebih lanjut dia mengungkapkan, di gedung sekolah lama beberapa bangunan sudah berusia tua, sehingga kemungkinan siswa-siswa takut, serta lokasi sekolah dekat dengan jalan raya yang dipastikan dapat mengganggu proses pembelajaran.

“Pembenahan pembangunan SDN 1 Penjaringan yang belum tuntas akan dibantu Disdik agar pihak sekolah tak terbebani, jika misalnya masih ada meja bangku yang kurang, silahkan bilang ke saya, nanti saya bantu," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Disdik Surabaya, Ikhsan mengatakan relokasi sekolah itu diharapkan bisa menjaring anak-anak di wilayah sekitar karena selama ini pilihan SD mereka cukup jauh.

“Gedung lama SD itu harus digusur dalam waktu dekat karena masuk dalam proyek pelebaran jalan. Meski proyek pembangunan belum selesai 100 persen, gedung sekolah baru tersebut sudah dipakai, padahal sarana prasarana juga belum sepenuhnya tersedia, seperti ketersediaan,” tandasnya. (*)

Pewarta: Laily Widya Arisandhi

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2015