Jember (Antara Jatim) - Mahasiswa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember yang mengikuti program kuliah kerja nyata (KKN) menggelar isbat nikah massal di Desa Gunung Malang, Kecamatan Sumberjambe, Kabupaten Jember, Jawa Timur.

"Saat melakukan KKN di desa setempat, kami melihat banyak warga yang sudah menikah, namun belum memiliki surat nikah, sehingga kami tergerak untuk menggelar isbat nikah massal," kata mahasiswa yang menjadi panitia nikah massal, Ahmad Fauzi di Jember, Kamis.

Menurut dia, sebanyak 75 pasangan suami istri warga Gunung Malang berpartisipasi dalam kegiatan tersebut dan sebagian besar sudah puluhan tahun menikah, namun hanya nikah siri.

"Dengan isbat itu diharapkan bisa menjadi sarana bagi masyarakat untuk melakukan pernikahan secara sah menurut perundang-undangan, sehingga mereka bisa mendapatkan buku nikah," ucap mahasiswa Fakultas Syariah IAIN Jember itu.

Ia mengatakan kegiatan isbat nikah itu juga didukung oleh beberapa pihak yakni Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) IAIN Jember, Fakultas Syariah Prodi AS, Pengadilan Agama Jember, dan Pemerintah Kecamatan Sumberjambe.

"Kami bersyukur atas kerja sama pihak-pihak terkait sehingga bisa terlaksana kegiatan isbat nikah massal dan mahasiswa yang mengikuti program KKN berupaya sebisa mungkin agar warga di Desa Gunung Malang dapat menemukan solusi terutama yang status pernikahannya sedang bermasalah," paparnya.

Sementara Ketua LP2M IAIN Jember, Muhibbin mengatakan pengabdian masyarakat melalui program KKN diharapkan mahasiswa dapat menjadi fasilitator masyarakat dalam mengurai persoalan dalam kehidupan sehari-hari.

"Bahkan mahasiswa juga bisa memfasilitasi hingga pada tataran aksi nyata dalam penyelesaian persoalan di masyarakat seperti temuan banyaknya warga yang belum nikah secara sah menurut undang-undang," katanya.(*)

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Chandra Hamdani Noer


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2015