Sidoarjo (Antara Jatim) - Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional (BPN) Jawa Timur telah menyelesaikan sebanyak 85 persen sertifikat tanah dari total target sertifikat sekitar 99 ribu sertifikat selama tahun 2015.

"Kami optimistis dari target tersebut, pada Desember nanti sudah bisa diselesaikan semuanya. Dan itu yang menjadi harapan warga masyarakat," kata   Kepala Kantor Wilayah BPN Jawa Timur, Muchtar D, saat penyerahan sertifikat tanah kepada warga Desa Seketi, Kecamatan Balongbendo, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, Kamis.

Ia mengatakan, untuk Kabupaten Sidoarjo sendiri dirinya sangat mengapresiasi karena mampu menyelesaikan target pembuatan sertifikat dengan cepat.

"Kami sangat mengapresiasi Kabupaten Sidoarjo karena mampu menyelesaikan sertifikat sejak bulan Juli dan saat ini sedang proses penyerahan saja," katanya.

Di Kabupaten Sidoarjo sendiri, ditargetkan mampu menyelesaikan sebanyak 3.500 sertifkat di sebelas desa yang ada di kabupaten setempat.

"Dan saat ini sudah dalam tahap proses penyerahan sertifikat kepada warga masyarakat yang ada di Kabupaten Sidoarjo ini," katanya.

Ia juga menghimbau kepada warga masyarakat yang sudah menerima sertifikat tersebut supaya menyimpan baik-baik.

"Nantinya sertifikat tanah tersebut bisa digunakan sebagai penjamin pinjaman di bank jika memang dibutuhkan untuk peningkatan modal usaha warga masyarakat," katanya.

Sementara itu, Kepala Desa Seketi, Sidoarjo, Seger Purwanto mengatakan, untuk Desa Seketi dari 550 berkas yang diajukan untuk dibuatkan sertifikat terealisasi sebanyak 460 sertifikat.

"Kami bersyukur pembuatan sertifikat ini bisa diselesaikan dengan cepat terutama atas bantuan para panitia yang ada di desa setempat," katanya.(*)

Pewarta: Indra Setiawan

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2015