Lamongan, (Antara Jatim) - Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf meminta setiap daerah melindungi tumbuh kembang anak, khususnya dari polusi, memastikan keberadaan anak-anak aman, dan nyaman dengan penyediaan air bersih.

"Setiap anak harus mendapatkan sanitasi yang cukup, air bersih yang cukup, bisa bebas bermain dan harus dijamin tumbuh kembangnya oleh pemerintah kota dan kabupaten di Jatim," ucap Gus Ipul, sapaan akrab Saifullah Yusuf saat hadir di puncak Hari Anak Nasional (HAN) tingkat Jatim di Wisata Bahari Lamongan, Selasa.

Selain itu, Gus Ipul juga meminta agar daerah fokus menghindarkan dan mencegah generasi bangsa itu dari pelecehan anak.

Menanggapi hal itu, Penjabat Bupati Lamongan Wahid Wahyudi mengatakan Pemkab Lamongan selalu serius dalam melindungi setiap tumbuh kembang anak.

Ia mengatakan, perhatian pemkab kepada anak bukan hanya di bidang pendidikan saja, melainkan juga di bidang keagamaan.

"Di Lamongan, setiap anak didik tidak hanya dituntut harus pandai dalam mata pelajaran sekolah, namun juga harus bisa hafal ayat-ayat pendek Al Quran dengan artinya, agar anak Lamongan tidak hanya pandai urusan dunia tapi juga pandai urusan akhirat," ucapnya.

Wahid mengaku, peringatan HAN di Jawa Timur yang dipusatkan di Lamongan kali ini berlangsung istimewa, sebab dilaksanakan di kawasan Wisata Bahari yang telah menjadi ikon di Jawa Timur.

Sebab, kawasan Wisata Bahari Lamongan kini sedang tumbuh industri maritim, dengan berdirinya beberapa pelabuhan transportasi dan perikanan, serta sejumlah industri perbaikan dan produksi kapal.

Sementara dalam kegiatan itu, Gus Ipul hadir ditemani istrinya Fatma Saifullah Yusuf dan kedatangannya disambut dengan lantunan musik angklung oleh anak-anak Lamongan, serta diberi pertunjukkan kemampuan melukis dan membatik serta pembuatan kriya anyaman dan mewarnai oleh ratusan anak Lamongan.(*)

Pewarta: Abdul Malik Ibrahim

Editor : Masuki M. Astro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2015