Sumenep (Antara Jatim) - Harga semua jenis cabai di Pasar Anom Baru di Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, cenderung stabil dibanding pekan sebelumnya sebagaimana hasil pemantauan yang dilakukan staf dinas perindustrian dan perdagangan (disperindag) setempat.

"Tidak ada perubahan. Bahkan, untuk cabai kecil biasa dan cabai merah besar biasa, harganya sempat turun," ujar Kepala Bidang Perdagangan Disperindag Sumenep, R Heni Yulianto di Sumenep, Jumat.

Sesuai hasil pemantauan yang dilakukan staf Disperindag Sumenep pada Jumat ini, cabai kecil biasa Rp55 ribu/kilogram, cabai rawit Rp40 ribu, cabai merah besar biasa Rp20 ribu, dan cabai besar keriting Rp15 ribu.

"Pada awal pekan ini hingga Rabu (26/8), harga cabai kecil biasa Rp60 ribu/kilogram dan turun menjadi Rp55 ribu pada Kamis (27/8). Begitu juga cabai merah besar biasa dari Rp22 ribu menjadi Rp20 ribu," kata Heni, menerangkan.

Sementara harga cabai rawit dan cabai besar keriting tetap Rp40 ribu/kilogram dan Rp15 ribu, sejak awal pekan ini.

"Sesuai hasil pengecekan yang dilakukan staf kami, harga semua komoditas terpantau stabil. Harga kedelai juga tetap, yakni Rp9 ribu/kilogram untuk lokal dan Rp10 ribu untuk impor," ujarnya.

Ia menjelaskan, harga semua jenis daging juga terpantau stabil, yakni daging sapi Rp110 ribu/kilogram, daging ayam kampung Rp70 ribu, dan daging ayam broiler Rp32 ribu.

"Aktivitas pedagang daging di Sumenep berjalan normal. Ketika ada aksi mogok berjualan di luar daerah beberapa waktu lalu, para pedagang daging di Sumenep tetap berjualan sebagaimana mestinya," kata Heni.

Disperindag Sumenep memantau harga kebutuhan pokok di dua pasar di Kecamatan Kota, yakni Pasar Anom Baru sebagai lokasi utama dan Pasar Bangkal Baru sebagai lokasi pembanding. (*)

Pewarta: Slamet Hidayat

Editor : Akhmad Munir


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2015