Surabaya, (Antara Jatim) –  PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) membangun Pembangkit Listrik Tenaga Mesin Gas (PLTMG) guna mendukung operasional di Terminal Teluk Lamong yang ramah lingkungan.
     
Direktur Utama Terminal Teluk Lamong, anak perusahaan PT Pelabuhan Indonesia III atau Pelindo III,  Prasetyadi, di Surabaya, Kamis, menjelaskan pembangunan PLTMG tersebut bukti keseriusan manajemen  mengusung konsep ramah lingkungan di terminal  yang diresmikian Presiden Joko Widodo beberapa waktu lalu itu.
    
“PLTMG tersebut nantinya akan dioperasikan oleh PT Lamong Energi Indonesia (LEI) yang merupakan anak usaha sinergi antara Terminal Teluk Lamong dan PT Adhi Karya (Persero)," kata Prasetyadi seraya menambahkan bahwa proyek ini juga menunjuk Max Power Indonesia sebagai kontraktor.
      
Dengan mengelola PLTMG, katanya, LEI akan menjadi perusahaan penyedia listrik berbahan bakar gas yang efisien.
    
Prasetyadi menjelaskan, PLTMG akan dibangun di ;ahan seluas sekitar 9.000 meter persegi. Pembangunan pembangkit listrik dengan teknologi ramah lingkungan tersebut akan dibagi dalam dua tahap, pada tahun 2015 dan 2016.
    
Pada tahap pertama, total kapasitas listrik yang dihasilkan mencapai 6,6 Megawatt dari dua pembangkit listrik tenaga mesin gas.
   
Tujuan pembangunan tahap awal adalah untuk memenuhi kebutuhan listrik pada peralatan dan fasilitas di Terminal Teluk Lamong yang sebagianbesar menggunakan listrik.
    
Sementara itu, penambahan jumlah pembangkit listrik tenaga mesin gas akan dilakukan pada tahun 2016 dan dimaksimalkan dengan kapasitas mencapai 13 Megawatt, demikian Prasetyadi. (*)

Pewarta: Slamet Hadi Purnomo

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2015