Pamekasan (Antara Jatim) - Dinas Perhubungan, Komunikasi, dan Informatika Pamekasan, Jawa Timur, tahun ini memperluas akses pengenalan dunia internal kepada para siswa di berbagai pelosok desa di daerah ini guna memperluas jangkauan pelajar melek internet.

"Ini dimaksudkan untuk memperluas jangkauan pelajar melek internet dengan memanfaatkan sarana yang ada, yakni Mobile Community Access Point (MCAP," kata Kepala Dishubkominfo Pamekasan Moh Zakir kepada Antara di Pamekasan, Selasa.

Zaikir menjelaskan, program pengenalan dunia internet kepada para pelajar di berbagai lembaga pendidikan yang masih belum terjangkau jaringan internet ini, sebenarnya telah dilakukan sejak awal 2015.

Namun, pada pertengahan semester kedua ini, pihaknya akan lebih meningkatkan kegiatan lagi, karena wawasan tentang dunia internet sangat penting.

Zakir menuturkan, sejumlah lembaga pendidikan di perdesaan di Kabupaten Pamekasan sudah pernah didatangi secara langsung oleh petugas Dishubkominfo Pamekasan.

Salah satunya seperti di lembaga pendidikan pondok pesantren AlMujtamak, di Desa Plakpak, Kecamatan Pegantenan belum lama ini, serta sejumlah pembaga pendidikan swasta lainnya di Kecamatan Tlanakan, sepertti SMP Islam Al Anwar dan SMK Al Anwar, Desa Taroan, Kecamatan Tlanakan.

"Nah, pada semester kedua ini kami tingkatkan lagi, karena banyak lembaga pendidikan yang mengajukan permohonan, termasuk lembaga pendidikan pondok pesantren," katanya menjelaskan.

Zakir menjelaskan, pendidikan pengenalan internet dalam program melek internet ini gratis dan semua jenis biya operasional ditanggung oleh pemerintah, yakni Pemkab Pamekasan.

Hanya saja, kata dia, Dishub tidak bisa bergerak cepat, mengingat mobil internet yang tersedia hanya 1 unit, sedangkan wilayah yang harus dijangkau sangat luas, yakni tersebat di 178 desa di 13 kecamatan di Kabupaten Pamekasan.

Mobil internet yang dimiliki Dishubkominfo Pamekasan atas bantuan dari Kementerian Komunikasi dan Informatika itu memiliki fasilitas layanan antara lain layanan internet mobile (Warnet), layanan telpon (Wartel), Layanan Fax (kirim dan terima),  Billing system Wartel dan Warnet Public Announcement (Pengeras suara/sound system) dan Pemutaran video melalui LCD TV (Format, VCD, atau DVD). (*)

Pewarta: Abd. Azis

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2015