Pasuruan (Antara Jatim) - Festival Tretes dalam ranga menyambut Hari Jadi Kabupaten Pasuruan ke- 1086 di Kecamatan Prigen akan digelar pada 10-16 Agustus dengan menyuguhkan berbagai rangkaian acara seperti peragaan busana, lomba memasak, lomba mewarnai dan festival kuliner.

"Puncaknya pada 16 Agustus malam akan digelar lomba marathon 'Tretes Night Run 10k'," kata Kepala Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Kabupaten Pasuruan, Lucas Cahyabuana, Selasa.

Ia mengatakan, Festival Tretes ini akan menjadi destinasi wisata keluarga dengan berbagai hiburan yang  diramaikan oleh Puteri Indonesia 2015, Anindia Kusuma Putri serta Chef Farah Queen dengan tujuan membersihkan nama Tretes yang selama ini dinilai negatif sebagai tempat hiburan malam sekaligus prostitusi.

"Kami memilih tempat festival di Tretes karena bertujuan membersihkan nama Tretes dengan citra negatifnya sebagai tempat hiburan malam, sekaligus tempat prostitusi yang akan kami rubah menjadi wisata keluarga yang nyaman. Dengan adanya festival ini diharapkan wisatawan akan tertarik mengunjungi Tretes dengan citra wisata keluarga," ujarnya.

Sementara itu, Bupati Pasuruan, Irsyad Yusuf menyatakan dukungannya atas kegiatan yang dilaksanakan secara rutin tiap tahunnya tersebut sebagai ikon wisata keluarga Kabupaten Pasuruan, agar dapat memaksimalkan potensi wisata yang ada di Kabupaten Pasuruan.

"Tentunya kami menyatakan dukungan atas kegiatan Festival Tretes ini sebagai rangkaian Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Pasuruan yang ke-1086 dengan menganggarkan dana sebesar Rp124 juta, meskipun dana tersebut kurang, kami akan berupaya menggadeng para investor untuk menutupinya," katanya.

Kegiatan Festival Tretes ini, ia menambahkan sebagai sinergi program pemerintah Kabupaten Pasuruan tahun 2017 tentang potensi destinasi wisata di Kabupaten Pasuruan agar semua potensi wisata bisa dikembangkan dengan baik termasuk pembangunan sarana dan prasarana.

"Untuk mendukung kegiatan Festival Tretes ini, maka hotel-hotel yang tergabung dalam anggota Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) akan memberikan diskon sebanyak 10-15 persen bagi wisatawan yang akan menginap di hotel tersebut," tandasnya. (*)

Pewarta: Laily Widya Arisandhi

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2015