Jember (Antara Jatim) - Sebanyak 100 personel Kepolisian Resor Jember, Jawa Timur, mengamankan pendaftaran calon bupati dan calon wakil bupati di Kantor KPU setempat.

"Kami siagakan sebanyak 100 personel untuk mengamankan pendaftaran calon kepala daerah Jember sejak Senin (27/7) hingga Selasa karena ada calon yang mendaftar di KPU Jember," kata Kepala Bagian Operasi (Kabag Ops) Polres Jember, Kompol Kusen Hidayat, di Jember, Selasa.

KPU Jember membuka pendaftaran calon bupati (cabup) dan calon wakil bupati (cawabup) untuk menjadi peserta Pilkada Jember sejak Minggu (26/7) hingga Selasa sesuai dengan tahapan pilkada.

Menurutnya, Polres Jember sudah menyiagakan sebanyak 12 personel polisi yang berjaga selama 24 jam sejak pendaftaran calon kepala daerah dibuka pada Minggu (26/7) di KPU Jember.

"Personel kami tambah sebanyak 100 orang selama dua hari terakhir karena ada pendaftar cabup-cawabup yang membawa massa ke Kantor KPU Jember," tuturnya.

Ia menjelaskan banyaknya massa pendukung yang mengantarkan calon kepala daerah tersebut dapat menimbulkan kerawanan, sehingga perlu dilakukan pengamanan ekstra sebagai bentuk antisipasi terhadap hal-hal yang tidak diinginkan.

"Pengamanan dilakukan mulai dari  pemberangkatan calon, rute yang dilalui hingga lokasi pendaftaran di Kantor KPU Jember," katanya.

Pengamanan ekstra itu, lanjut dia, untuk mengantisipasi adanya pihak-pihak yang berlawanan terhadap pasangan calon yang akan mendaftar, terutama pada saat melewati basis wilayah pendukung calon lain.

"Mudah-mudahan proses pendaftaran calon kepala daerah di Kantor KPU Jember berjalan aman dan lancar," ujarnya.

Polres Jember juga menyiagakan "water canon" di sekitar Kantor KPU Jember sebagai langkah antisipasi hal-hal yang tidak diinginkan selama proses pendaftaran calon kepala daerah.

Selain pengamanan dari aparat kepolisian, pengamanan pendaftaran cabup-cawabup Jember itu juga melibatkan petugas dari instansi samping seperti Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Dinas Perhubungan, Linmas, dan petugas keamanan KPU Jember.(*)

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Chandra Hamdani Noer


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2015