Jember (Antara Jatim) - Pantai Pasir Putih Malikan (Papuma) di Kabupaten Jember, Jawa Timur, dipadati wisatawan selama libur Lebaran yang juga bertepatan dengan liburan sekolah.

"Setiap libur Lebaran kami sekeluarga selalu menyempatkan berkunjung ke Pantai Papuma yang memiliki keindahan yang eksotis," kata Fahriza, wisatawan asal Sidoarjo, yang berkunjung ke Pantai Papuma Jember, Sabtu.

Menurut dia, keluarganya selalu berkunjung ke rumah sanak saudara di Jember saat libur Lebaran dan menjadi sebuah keharusan singgah untuk menikmati keindahan pantai yang memiliki pasir putih tersebut.

"Kami tidak bosan setiap tahun berkunjung ke Pantai Papuma karena keindahan alam pantai yang luar biasa dan jumlah pengunjung juga semakin padat di sini," tuturnya.

Sementara pengelola Wana Wisata Tanjung Papuma, Sumandarwi mengatakan jumlah pengunjung yang memadati objek wisata pantai di Desa Lojejer, Kecamatan Wuluhan, selama libur Lebaran rata-rata 4 ribu hingga 5 ribu per hari.

"Memamg ada peningkatan yang cukup signifikan dibandingkan pada libur Sabtu-Minggu, namun jumlah tersebut menurun dibandingkan libur Lebaran tahun lalu," tuturnya.

Pada libur Lebaran tahun 2014, jumlah pengunjung pantai yang memiliki batu-batu malikan itu bisa mencapai 14 ribu hingga 15 ribu per hari.

Menurutnya, pihak pengelola sudah memperbaiki sejumlah infrastruktur objek wisata Papuma, sehingga bisa memanjakan pengunjung untuk tetap berlama-lama di pantai pesisir selatan Jember itu.

"Selama libur Lebaran banyak warga luar kota yang kebetulan berkunjung ke Jember singgah di Papuma karena keindahan alam pantainya," katanya.

Wisatawan bisa melihat keindahan Pantai Papuma dan sekitarnya dari lokasi Siti Inggil (tanah tinggi) yang sudah dibuat oleh Perum Perhutani yang berada pada ketinggian 100 meter dari permukaan laut (mdpl).

Dari Siti Inggil, wisatawan dapat melihat hamparan lautan lepas dengan deburan ombak yang berbusa putih di sepanjang bibir pantai yang menerjang batu-batu karang, sehingga melengkapi eksotis Pantai Papuma.(*)

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Chandra Hamdani Noer


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2015