Sumenep (Antara Jatim) - Sebagian komisioner dan staf Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, lembur untuk menyiapkan tahapan pendaftaran kandidat pemilihan kepala daerah (pilkada) setempat.

"Meskipun masih libur (hari cuti bersama Idul Fitri 2015), kami bersama sejumlah staf KPU sudah masuk kantor sejak Senin (20/7). Ada beberapa hal yang harus kami siapkan menjelang masa pendaftaran kandidat Pilkada Sumenep," ujar komisioner KPU Sumenep, A Zubaidi di Sumenep, Selasa malam.

Masa jabatan A Busyro Karim-Soengkono Sidik sebagai Bupati-Wakil Bupati Sumenep periode 2010-2015 yang merupakan hasil pilkada langsung setempat pada 2010, akan berakhir pada Oktober 2015. 

Sesuai Peraturan KPU RI Nomor 2 Tahun 2015, pilkada serentak pada tahun ini termasuk Pilkada Sumenep akan digelar pada 9 Desember.

"Sejak beberapa hari lalu, kami sudah mengumumkan ke publik tentang masa pendaftaran kandidat Pilkada Sumenep. Sebelumnya, kami pun sudah menyosialisasikan masa pendaftaran kandidat pilkada dan teknisnya kepada pimpinan partai politik (parpol) di Sumenep," kata Zubed, sapaan A Zubaidi.

Sesuai jadwal yang ditetapkan KPU RI, masa pendaftaran kandidat pilkada ke KPU di masing-masing daerah pada 26-28 Juli 2015.

"Di internal kami sudah dibentuk petugas khusus untuk menerima dan meneliti berkas persyaratan pendaftaran kandidat pilkada. Saat ini, semua hal yang terkait dengan pendaftaran kandidat pilkada, sudah kami siapkan," ujarnya.

Sejak beberapa waktu lalu, sejumlah nama disebut-sebut akan maju sebagai kandidat Pilkada Sumenep, di antaranya A Busyro Karim, Zainal Abidin, dan Moh Sahnan.

Mereka pun telah melakukan komunikasi politik dengan pimpinan parpol dan menyosialisasikan diri sebagai bakal calon bupati kepada warga maupun dengan memasang alat peraga di fasilitas umum. 

Untuk sementara hingga sekarang terdapat tiga parpol dari 11 parpol peraih kursi di DPRD Sumenep yang mengumumkan secara resmi kandidat pilkada yang akan diusungnya, yakni PDI Perjuangan, Partai Amanat Nasional (PAN), dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

PDI Perjuangan akan mengusung pasangan A Busyro Karim-A Fauzi, PAN akan mengusung Zainal Abidin-Dewi Khalifah, dan PKS mengumumkan Zainal Abidin sebagai bakal calon bupati yang akan diusungnya pada Pilkada Sumenep. (*)

Pewarta: Slamet Hidayat

Editor : Masuki M. Astro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2015