Sumenep (Antara Jatim) - Kapal cepat Mega yang dikelola oleh salah satu perusahaan pelayaran di Kabupaten Sumenep, PT Sumekar, mulai beroperasi melayani lintasan Kalianget-Kangean, Jawa Timur.

"Pemberangkatan kapal cepat tersebut dari Kalianget ke Pulau Kangean pada Rabu ini merupakan pelayaran perdana. Alhamdulillah, berjalan lancar," ujar Direktur PT Sumekar, Rasul Junaidy di Sumenep, Rabu.

PT Sumekar adalah badan usaha milik daerah (BUMD) milik Pemkab Sumenep yang bergerak di bidang pelayanan jasa transportasi laut.

Kapal cepat "Mega" yang dikelola PT Sumekar itu bertolak dari Pelabuhan Kalianget pada Rabu sekitar pukul 09.30 dengan mengangkut 193 penumpang dan tiba di Pelabuhan Batu Guluk, Pulau Arjasa, sekitar pukul 13.30 WIB.

"Kami sebenarnya masih merumuskan jadwal pasti operasional kapal cepat tersebut di lintasan Kalianget-Kangean. Namun, untuk sementara, kapal itu akan beroperasi sebanyak dua kali dalam sepekan, yakni Rabu dan Jumat, dengan titik awal pemberangkatan kapal di Pelabuhan Kalianget," kata Rasul, menerangkan.

Kehadiran kapal cepat yang merupakan hasil kerja sama operasional antara PT Sumekar dengan salah satu perusahaan pelayaran di Pulau Kalimantan itu menambah kekuatan armada angkutan penyeberangan di Sumenep.

Sebelumnya, PT Sumekar hanya mengoperasikan Kapal Dharma Bahari Sumekar (DBS) I di lintasan Kalianget-Kangean.

Sementara Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Sumenep, Moh Fadillah menjelaskan, kapal cepat yang dikelola PT Sumekar itu sebenarnya telah memenuhi syarat untuk beroperasi sejak beberapa hari lalu.

"Namun, kapal cepat tersebut belum langsung dioperasikan, karena manajemen PT Sumekar masih menyusun jadwal pelayarannya. Kehadiran kapal cepat yang dikelola PT Sumekar itu memang menambah jumlah armada angkutan penyeberangan yang beroperasi di wilayah perairan Sumenep," katanya, menambahkan.

Selain PT Sumekar, terdapat perusahaan pelayaran lainnya yang menjadi operator di lintasan Kalianget-Kangean, yakni PT Sakti Inti Makmur (SIM).

PT SIM mengoperasikan satu kapal cepat, yakni Kapal Express Bahari 3C, untuk melayani lintasan Kalianget-Kangean. (*)

Pewarta: Slamet Hidayat

Editor : Tunggul Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2015