Banyuwangi (Antara Jatim) - PT Bank Central Asia Tbk ikut membantu meningkatkan kualitas pengelolaan desa wisata di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, lewat berbagai pelatihan.
     
"Kegiatan ini merupakan bukti komitmen kami dalam memperhatikan pengembangan industri pariwisata di Tanah Air. Kami berharap kegiatan ini dapat dimanfaatkan dengan baik oleh para peserta dalam mengembangkan industri pariwisata desa mereka," ujar "Head of CSR" BCA Sapto Rachmadi di Banyuwangi, Selasa.

Ia menjelaskan pelatihan yang dilakukan oleh "BCA Learning Service" itu diberikan kepada beberapa pengelola wisata dari Desa Tamansari, mulai Senin (29/6) hingga Selasa.

Pelatihan itu, katanya, merupakan kelanjutan dari kegiatan sebelumnya ke desa wisata Pentingsari dan desa wisata Bejiharjo, dan paguyuban wirawisata Gelaran di Yogyakarta yang juga merupakan desa wisata binaan BCA.

Pada pelatihan itu, katanya, para pengelola wisata dari Desa Tamansari diajak untuk melihat bagaimana industri pariwisata yang dimiliki oleh desa wisata Pentingsari dan desa wisata Bejiharjo, dan paguyuban wirawisata Gelaran setelah melalui sejumlah pelatihan yang diberikan oleh BCA.

"Kami melakukan perbandingan serta memberikan pelatihan-pelatihan pengembangan bisnis pariwisata kepada desa wisata sebagai upaya menciptakan desa wisata binaan BCA yang profesional serta memiliki kualitas pengelolaan yang baik, sehingga pemasukan yang diperoleh desa wisata meningkat," kata Sapto.

Desa Tamansari adalah sebuah desa yang terletak di Kawasan Taman Wisata Alam Kawah Ijen di Kabupaten Banyuwangi. Desa Wisata Tamansari cukup potensial karena dikelilingi oleh perkebunan karet, cengkih, kopi dan coklat, serta berbagai macam flora maupun fauna, seperti yang ada di Kawasan Taman Wisata Alam Kawah Ijen.

"Kegiatan-kegiatan yang kami lakukan terkait peningkatan kualitas pariwisata merupakan tanggung jawab kami sebagai salah satu institusi keuangan yang tumbuh dan berkembang seiring dengan pembangunan kesejahteraan masyarakat," ujar Sapto. (*)

Pewarta: Masuki M. Astro

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2015