Jakarta (Antara) - Brasil menyusul Jepang maju ke babak 16 Besar Piala Dunia Wanita 2015 di Kanada, setelah menaklukkan Spanyol 1-0 pada laga Grup E di Montreal, Sabtu malam waktu setempat, atau Minggu pagi WIB.

Kosta Rika selamat dari kekalahan setelah menyamakan kedudukan pada menit-menit terakhir untuk memaksakan hasil seri 2-2 melawan Korea Selatan pada pertandingan Grup E lainnya.

Di Grup F, Inggris susah payah menang 2-1 dari Meksiko, sedangkan pada grup sama Prancis yang pada pertandingan pembuka menaklukkan Inggris 1-0, harus bertekuk lutut kepada Kolombia dengan skor 2-0.

BRASIL 1, SPANYOL 0
Pada laga Brasil versus Spanyol, La Roja mengendalikan permainan babak pertama setelah menguasai lapangan tengah sehingga kreativitas Brasil tak berbuah apa-apa.

Sebaliknya, Spanyol menciptakan peluang gol Natalia Pablos lolos dari jebakan offside, namun tendangannya melebar dari gawang Brasil.

Spanyol tak beruntung pada menit 13 manakala tendangan menyilang Marta Corredera membentur bek Brasil Rafaelle untuk kemudian melewati kiper Luciana, sayang bola membentur tiang gawang.

Brasil menciptakan gol penentu kemenangan pada babak kedua berkat aksi individual Andressa Alves yang melewati kawalan bek Celia Jimenez, lalu memperdaya kiper Ainhoa Tirapu namun Jimenez berlari cepat menghalau bola ke luar gawang. Bola halauannya ini jatuh kembali ke kaki Alves yang tak ragu menceploskannya ke gawang Brasil.

KOLOMBIA 2, PRANCIS 0
Kolombia mengobati luka karena kalah dari Kanada pada pertandingan pembukanya dengan menciptakan sejarah menumbangkan Prancis 2-0 yang adalah kemenangan pertama mereka pada ajang Piala Dunia Wanita.

Prancis tampil dominan pada 45 menit pertama, namun Les Bleues gagal menciptakan satu pun peluang gol.

Kolumbia membuka skor yang mengejutkan penonton Prancis. Lady Andrade dengan cantik menaklukkan kiper Prancis Sarah Bouhaddi sehingga membawa tim Amerika Selatan unggul 1-0.

Striker Prancis Eugenie Le Sommer membuat Les Bleues mendapatkan peluang gol sebelum babak pertama berakhir, namun kiper Sandra Sepulveda mementahkan peluang itu.

Masuk babak kedua, Kolombia semakin kuat dan hampir menggandakan keunggulan pada beberapa kesempatan, sedangkan Prancis hampir menyamakan kedudukan pada 20 menit terakhir ketika Sepulveda hand-ball di luar kotak penalti sehingga Prancis dihadiahi tendangan bebas. Tendangan Camille Abily terlalu pelan sehingga kiper Sepulveda dengan mudah menjemputnya.

Prancis bertubi-tubi menyerang untuk menyamakan kedudukan, namun serangan balik Las Cafeteras malah menjadi malapetaka Prancis ketika Catalina Usme menciptakan gol kedua Kolombia lewat skema serangan balik nan cepat.

INGGRIS 2, MEKSIKO 1
Inggris susah payah menundukkan Meksiko 2-1 di Moncton.

Three Lions berjuang habis-habisan untuk mendapatkan poin penuh demi memelihara harapan setelah pada laga pembuka kalah 0-1 dari Prancis, sedangkan Meksiko saat itu seri 1-1 melawan Kolombia.

Fran Kirby, Toni Duggan dan Eniola Aluko bergantian menciptakan peluang bagi Inggris pada babak pertama.

Meksiko sendiri jarang mengancam gawang Inggris, kendati jagoan bola mati Monica Ocampo sempat memaksa penjaga gawang Inggris Karen Bardsley terbang menghalau bola.

Pada 20 menit laga, Inggris akhirnya menciptakan gol berkat aksi berbuah gol impresif dari Fran Kirby. Sebelas menit kemudian pemain pengganti Karen Carney memantapkan posisi Inggris dengan menciptakan gol kedua setelah menerima umpan dari Alex Greenwood.

Meksiko enggan surut semangatnya dan akhirnya berhasil menciptakan satu gol yang diciptakan Fabiola Ibarra pada menit tambahan.

KOREA SELATAN 2, KOSTA RIKA 2

Sebuah gol penyama kedudukan pada menit 89 yang diciptakan Karla Villalobos membuat Kosta Rika selamat dari kekalahan dan memetik satu angka setelah seri 2-2 melawan Korea Selatan.

Gol itu juga membuat Korea gagal mendapatkan kemenangan pertamanya pada level ini.

Melissa Herrera membawa Kosta Rika unggul lebih dulu pada menit 17 setelah para pemain Korea gagal mengantisipasi umpan panjang Kosta Rika. Namun para Srikandi Taeguk menyamakan kedudukan dari titik penalti lewat eksekusi Ji Soyun.

Empat menit kemudian giliran Korea yang balik memimpin setelah Kang Yumi melepaskan sebuah umpan sempurna yang membuat Jeon Gaeul dengan mudah menyambutnya dengan sundulan berbuah gol.

Pada babak kedua, kedua tim terus saling menyerang. Pemain Kosta Rika Lixy Rodriguez nyaris menciptakan gol penyama kedudukan lewat tendangan jarak jauh.

Kosta Rika akhirnya selamat dari kekalahan setelah Villalobos dengan dingin menuntaskan tendangan penalti yang dilepaskannya tanpa bisa dihalau kiper Jungmi Kim.

Hasil ini membuat Kosta Rika  berada pada urutan dua klasemen Grup F dengan mengantongi dua poin, sedangkan Korsel dan Spanyol masing-masing satu poin. Brasil sudah memastikan lolos ke babak knockout setelah mengalahkan Spanyol 1-0. (*)

Pewarta: Supervisor

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2015