Pasuruan (Antara Jatim) - Jambore Persatuan Wanita Olahraga Seluruh Indonesia (Perwosi) Jatim  di Finna Golf and Country Club Resort Pasuruan,  yang diikuti 435 peserta dari 38 Kota/Kabupaten di Jatim, dibuka Wakil Gubernur Jatim Saifullah Yusuf, Jumat.

     "Jambore Perwosi ini diadakan selama tiga hari, yaitu pada 5-7 Juni 2015 dengan misi menciptakan perubahan yang baik dengan ditandai oleh kemakmuran dan kesejahteraan keluarga-keluarga di Indonesia karena apabila wanita selalu sehat bugar dan cerdas, maka keluarga terutama suami akan senantiasa mendukung kegiatan Perwosi," kata Wakil Gubernur Jatim, Saifullah Yusuf.

     Ia mengatakan seharusnya jambore Perwosi bisa diadakan di tingkat nasional karena nantinya para pengurus perwosi akan saling tukar menukar informasi tentang bagaimana mencari bibit atlet yang unggul di daerah masing-masing, sehingga dapat saling memperbaiki organisasi perwosi di daerah masing-masing.

     Sementara itu, Ketua Pengprov Perwosi Jatim, Fatma Saifullah Yusuf mengatakan jambore yang baru diadakan dua kali itu bertemakan sehat bugar dan cerdasa bersama Perwosi melalui olahraga berwawasan lingkungan dan alam.

     "Jambore ini bertujuan sebagai wahana silaturahmi bagi para pengurus Perwosi Kota atau Kabupaten di Jatim, menyiapkan para wanita sebagai pemimpin di bidang keolahragaan dan organisasi dengan memberikan bekal ilmu pengetahuan dan wawasan serta pembentukan sikap agar bertindak cerdas dan bijak," katanya.

     Selain itu, ia menambahkan tujuan kegiatan tersebut menyiapkan para wanita agar tetap sehat dan bugar melalui olahraga berwawasan lingkungan dan alam yang diharapkan dapat terbentuk keluarga yang sehat, melatih tanggung jawab, kedisiplinan, kemandirian, memupuk rasa solidaritas dan sportivitas.

     "Keberadaan Perwosi sebagai penggerak olahraga yang ditujukan kepada seluruh lapisan masyarakat terutama di kalangan wanita terutama anak-anak perempuan karena peran wanita dalam keluarga dan pembangunan masyarakat dinilai semakin kuat dalam konteks peluang serta tantangan global sehingga mampu berpartisipasi dan berkontribusi dalam pembangunan masyarakat," tuturnya.

     Lebih lanjut dia mengungkapkan para peserta jambore kali ini akan mendapatkan materi-materi olah fikir, yaitu pengorganisasian, kepemimpinan, kedisiplinan, kerja sama, dan komunikasi interaktif serta materi olah fisik seperti jogging track maupun senam rekreasi Perwosi Jatim seri dua untuk kebugaran sekaligus mempertebal rasa cinta terhadap alam dan lingkungan.

     "Jambore Perwosi yang diadakan ini merupakan satu-satunya jambore Perwosi pertama di Indonesia sehingga diharapkan kegiatan semacam ini bisa diadakan di tingkat nasional karena melihat antusias pengurus perwosi yang begitu besar, seperti perwakilan Surabaya yang membawa pengurus perwosi sebanyak 25 orang," tandasnya. (*)

Pewarta: Laily Widya Arisandhi

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2015