Pasuruan (Antara Jatim) - Taman Safari Indonesia (TSI) II Prigen, Pasuruan menggelar Safari Run 5k yang memadukan antara lomba lari dan petualangan dengan memperlihatkan satwa-satwa Asia serta pemandangan indah di kaki gunung Arjuno.

"Tujuan kegiatan ini untuk mengundang para pelari, baik itu secara individu maupun tergabung dalam sebuah komunitas agar ikut mendukung pola hidup sehat dengan cara berlari. Selain itu juga kegiatan ini memiliki rute yang sedikit menantang dan berbeda karena melewati koleksi satwa yang ada di TSI," kata General Manager (GM) TSI II Prigen, I Ketut Gunarta, Minggu.
 
Ia mengatakan, peserta Safari Run sekitar 1.200 tersebut mayoritas berasal dari Kota Surabaya dengan melewati area "baby zoo", area Gajah Sumatera, area onta punuk satu, area zebra, area watusi, area jenjang mahkota, dan area burung pelikan.

"Peserta Safari Run mayoritas berasal dari Kota Surabaya karena pasarnya komunitas lari maupun pelari di Surabaya saat ini sangat tren di masyarakat, sehingga kami menjembatani hobi mereka dengan mengadakan kegiatan semacam Safari Run," ujarnya.

Lebih lanjut dia mengungkapkan kegiatan yang baru pertama kali digelar itu diharapkan bisa menjadi agenda rutin tahunan untuk meningkatkan semangat masyarakat agar menjalani pola hidup sehat dengan berolahraga, salah satunya dengan berlari.

Di sisi lain, salah satu peserta asal Surabaya, Fery Dianto mengatakan rute yang dilaluinya cukup menantang karena memiliki elevasi yang naik, namun dapat menikmati perjalanannya dengan udara yang sejuk dan bisa melihat koleksi satwa di TSI.

"Sebelumnya pernah ikut lomba lari, namun ini yang paling seru karena udaranya sejuk dan dapat melihat koleksi satwa, seperti macan, unta, kuda nil, gajah sumatra, jerapah, dan zebra selama di perjalanan, sehingga rasa lelahnya tidak terasa," katanya yang tergabung dalam komunitas Indorunners Surabaya.

Dalam kegiatan Safari Run tersebut juara pertama putri diraih oleh Ririn Hardianti (17) dan juara putra diraih oleh M. Hafy (26) yang piagam penghargaannya diberikan langsung oleh dua gajah sumatra bernama Widya dan Lena. (*)

Pewarta: Laily Widya Arishand

Editor : Akhmad Munir


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2015