Lumajang - Buah pisang merupakan salah satu buah segar yang biasanya digunakan sebagai hidangan penutup di sejumlah jamuan makan, karena buah tersebut mudah didapat di pasar tradisional hingga pasar swalayan.

Buah yang tersusun dalam tandan dengan kelompok-kelompok tersusun menjari (sisir) dapat ditemukan hampir di seluruh daerah karena Indonesia termasuk negara penghasil pisang terbesar, bahkan sekitar 50 persen produksi pisang Asia berasal dari Indonesia.

Di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, kita dapat menemukan buah pisang mas kirana dan buah tersebut hanya tumbuh di lereng Gunung Semeru dengan ketinggian 3.676 meter dari permukaan laut (mdpl), sehingga tidak ditemukan di daerah lain.

"Pisang mas kirana memiliki keunggulan dibandingkan pisang lain yakni ukurannya pas saat disantap, penampilannya cantik dengan bentuk buah panjang bulat dan lingir buah hampir tidak tampak, kulit buah berwarna kuning bersih, dan daging buah berwarna kuning cerah dengan rasa manis dan legit," tutur petugas penyuluh lapangan (PPL) Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang, Lili.

Menurut dia, pisang merupakan buah yang memiliki kandungan gizi yang cukup banyak dan kaya akan mineral seperti kalium, magnesium, fosfor, kalsium, dan besi.

"Pisang mas kirana mengandung vitamin B6 yang cukup tinggi karena serotonin di vitamin B6 berperan dalam sintetis dan metabolisme protein, bahkan serotonin dapat memberikan nutrisi otak untuk aktivitas sehari-hari," tuturnya.

Selain itu, kata dia, pisang mas kirana dapat mengurangi depresi atau stress karena dengan memakan pisang mas kirana dapat membantu menenangkan saraf. Kandungan kadar vitamin B yang tinggi pada buah pisang bisa membantu sistem saraf lebih tenang dan kandungan potasiumnya bermanfaat untuk mengurangi stress dan depresi.

"Pisang juga mengandung tryptophan, sejenis protein yang diubah menjadi serotonin (zat yang dapat mengubah suasana hati) dalam tubuh, sehingga memberikan rasa relaks, memperbaiki mood dan membuat bahagia," katanya menjelaskan.

Jika dibandingkan apel, pisang mengandung 4 kali lebih banyak protein, dua kali lebih banyak karbohidrat, tiga kali lebih banyak fosfor, lima kali lebih banyak vitamin A dan zat besi, serta dua kali lebih banyak vitamin dan mineral lainnya.

Kandungan gizi yang terdapat dalam setiap buah pisang matang adalah 99 kalori, protein 1,2 gram, lemak 0,2 gram, karbohidrat 25,8 mg, serat 0,7 gram, kalsium 8 mg, fosfor 28 mg, besi 0,5 mg, vitamin A 44 RE, vitamin B 0,08 mg, vitamin C sebanyak 3 mg dan air 72 gram.

Nah, bagi anda penggemar buah-buahan, tidak ada salahnya anda mencoba buah pisang mas kirana sebagai cemilan dan kudapan hidangan penutup karena manfaatnya dapat mengurangi stress bagi anda yang bekerja keras setiap hari.

Kalau anda sedang berjalan-jalan di "Kota Pisang" Lumajang tidak ada salahnya anda membawa oleh-oleh buah pisang mas kirana atau datang ke sentra Kampung Pisang Mas Kirana di Desa Kandang Tepus, Kecamatan Senduro, karena dipastikan keluarga anda akan ketagihan dengan rasanya yang manis dan legit.

Namun, bagi penggemar buah yang tidak sempat ke Lumajang, anda bisa mendapatkan pisang mas kirana di sejumlah pasar swalayan karena sejumlah distributor sudah memasarkan pisang tersebut ke sejumlah pasar modern di beberapa daerah.(*)