Trenggalek - KONI Trenggalek mematok target perolehan 13 medali saat pelaksanaan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) III Jawa Timur, 15-22 Juli mendatang di Kediri.

Ketua Harian KONI Trenggalek, R Bambang Suryaatmaja, Selasa mengatakan, 13 medali yang mereka bidik tersebut meliputi tiga medali emas, lima perak, serta lima perunggu.

"Itu target realistis yang kami patok dengan mengacu hasil porprov sebelumnya yang hanya meraih lima perak dari cabor (cabang olahraga) sepak takraw dan senam," ujarnya.

Selain itu, KONI Trenggalek juga berharap kontingen yang mereka kirim dalam porprov kali ini bisa memperbaiki peringkat daerahnya, yakni dari sebelumnya hanya duduk di klasemen 26 menjadi peringkat 21 dari total 38 kabupaten/kota se-Jatim yang mengikuti perhelatan olahraga regional tersebut.

Kontingen porprov dari Kabupaten Trenggalek sendiri disebutkan mencapai 109 orang. Mereka terdiri dari 66 atlet serta 43 ofisial untuk 11 cabang olahraga yang sedianya diikuti.

Tidak tanggung-tanggung, demi mencapai target perolehan medali yang telah dipatok, seluruh kontingen mendapat fasilitas pelatihan selama sebulan penuh di sejumlah daerah.

Usai menjalani masa "training", setiap atlet maupun tim yang telah dibentuk kemudian akan diberi kesempatan ujicoba atau semacam adu kemampuan antaratlet di masing-masing kontingen selama seminggu sebelum pembukaan porprov. "Akhir minggu ini 'TC' (training centre) akan dimulai selama sepekan penuh," terang Bambang.

Untuk memacu pencapaian target yang telah dipatok tersebut, KONI Trenggalek menjanjikan sejumlah hadiah kepada setiap atlet maupun tim yang berhasil meraih medali emas, perak, maupun perunggu.

"Setiap atlet maupun tim yang berhasil merebut emas akan mendapat hadian Rp5 juta, perak Rp3 juta, dan perunggu Rp2 juta. Ini masih akan ditambah hadiah pribadi dari bupati dan sekda untuk setiap atlet/tim maupun official yang meraih medali," terang Bambang.

Ia menyebut total hadiah yang disediakan KONI Trenggalek mencapai Rp50 juta. Bambang menjelaskan, alokasi dana untuk bonus pemain yang berprestasi itu merupakan bagian upaya pemerintah daerah setempat memacu prestasi 66 atletnya yang menjadi duta olahraga selama porprov berlangsung.