Jumat, 20 Oktober 2017

Pangarmatim Undang Masyarakat Saksikan Pameran Alutista

id pameran, alutista, koarmatim, hut, tni, ke, 72, 2017
Pangarmatim Undang Masyarakat Saksikan Pameran Alutista
Pameran alutista digelar di Dermaga Madura, Koarmatim, Ujung, Surabaya, 16 - 17 September, dalam rangka memperingati HUT TNI ke- 72. (IST/ Dispenarmatim)
Pameran alutista ini digelar dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Tentara Nasional Indonesia (TNI) ke- 72 tahun 2017
Surabaya (Antara Jatim) - Panglima Komando Armada Republik Indonesia Kawasan Timur (Pangarmatim) Laksamana Muda TNI Darwanto mengundang masyarakat untuk menyaksikan pameran alat utama sistem pertahanan (Alutista) di Dermaga Madura Komando Armatim (Koarmatim),  Ujung, Surabaya, 16 – 17 September.
     
"Pameran terbuka untuk umum selama dua hari mulai  16 September pukul 07.00 sampai 15.00 WIB dan pada 17 September kembali dibuka mulai pukul 06.00 sampai 13.00 WIB," katanya kepada wartawan, di sela meninjau kesiapan pameran, Jumat. 
     
Dia mengatakan pameran alutista ini digelar dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Tentara Nasional Indonesia (TNI) ke- 72 tahun 2017, yang diikuti oleh TNI Angkatan Darat (AD), TNI Angkatan Laut (AL) dan TNI Angkatan Udara (AU). 
     
Saat Pangarmatim meninjau kesiapan pameran, tampak dari TNI AD telah menyiapkan sejumlah alutista andalannya, antara lain kendaraan tempur Astros, APC Anoa, Anoa Recovery, Anoa Comando, alat tempur jarak dekat (PJD), Tank Leopard, senjata meriam "Rain Metal", dan Meriam 57. 
     
Sedangkan dari TNI AL memamerkan kapal selam terbaru KRI Nagapasa-403, KRI Surabaya-591 dan kapal perang jajaran Satuan Kapal Eskorta Koarmatim lainnya. 
     
Selain itu TNI AL juga memamerkan material statis dari Marinir, yang  terdiri dari Howitzer 105 MM, BMP 3F, PT – 76 M, BVP, LVT 7A, KOMOB, KAPA – 61, RM – 70 GRAD, Vampire, BTR – 50 P serta Aligator. 
     
"Dari TNI AU besok usai acara pembukaan akan melaksanakan manuver udara dengan menggunakan pesawat udara super Tucano dan demo beladiri nusantara," ucap Pangarmatim.
     
Dia menjelaskan demo beladiri nusantara yang akan ditampilkan adalah Pencak Silat, Karate dan Taekwondo. 
     
"Juga ada demo terjun payung dan aerobatik Pesawat Udara Super Tucano dari TNI AU. Selain itu para pengunjung bisa mengikuti 'Joy Sailing' dengan kapal perang berkeliling area dermaga kolam Koarmatim dan Selat Madura," katanya.
     
Agenda pameran hari kedua, tanggal 17 September, dilanjutkan "Fun Run" 5 Kilometer yang dimulai dari Tugu Pahlawan hingga "finish" di depan kantor Dinas Penyelamatan Bawah Air Koarmatim.
     
"Juga ada 'Fun Bike' yang dimulai dari Jalan Yos Sudarso Surabaya sampai finish di depan kantor Dinas Pemeliharaan Kapal Koarmatim, dilanjut dengan acara pembagian 'doorprize' di Dermaga Madura, Ujung, Surabaya. Selanjutnya para pengunjung akan diberikan kesempatan naik kendaraan tempur amfibi dari lapangan Ambalat menuju kolam basin Koarmatim,"  ucapnya. (*)

Editor: Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga

Generated in 0.0108 seconds memory usage: 0.58 MB