Kamis, 21 September 2017

Dankodiklatal Minta TNI Menjadi Profesional

id Dankodiklatal TNI, Pasmar-1, Pasukan Marinir, TNI AL
Dankodiklatal Minta TNI Menjadi Profesional
Komandan Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Laut (Dankodiklatal) Laksda TNI I.G. Putu Wijamahaadi, saat mengunjungi sarang petarung Pasmar-1 di Brigif-1 Mar Gedangan, Sidoarjo, Rabu (13/9) (dispen kormar )
Sidoarjo (Antara Jatim) - Komandan Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Laut (Dankodiklatal) Laksda TNI I.G. Putu Wijamahaadi, meminta kepada prajurit TNI untuk menjadi tentara yang profesional.

"Tentara harus profesional dengan cara meningkatkan kecanggihan alutsistanya dan kemampuan prajuritnya dengan melakukan latihan-latihan secara bertahap dan berkesinambungan," katanya saat mengunjungi sarang petarung Pasmar-1 di Brigif-1 Mar Gedangan, Sidoarjo, Rabu.

Ia mengemukakan, saat ini kehadiran TNI dalam mewujudkan Indonesia yang berdaulat, mandiri dan berkepribadian menjadi semakin penting.

"Tantangan yang kita hadapi bukan terbatas pada perang terbuka, tapi perang asimetris, persaingan ekonomi, persaingan diplomasi dan persaingan teknologi," ujarnya.

Sehubungan dengan hal tersebut, kata dia, jati diri TNI sebagai tentara rakyat, tentara pejuang, tentara nasional dan tentara profesional harus terus diperkuat.

"TNI harus mempunyai semangat pantang menyerah dalam mempertahankan setiap jengkal Negara Kesatuan Republik Indonesia dan menjaga sumber daya alamnya," katanya.

Ia mengatakan, anggota TNI AL adalah generasi muda yang menjadi tumpuan rakyat, Bangsa dan Negara dalam menjaga kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

"Saudara patut berbangga karena dipercaya untuk melaksanakan tugas tersebut yang mewakili dari sekian banyak prajurit TNI AL," katanya.

Oleh karena itu, kata dia, pada upacara hari TNI pada tanggal 5 Oktober 2017 yang akan datang prajurit TNI yang dipercaya untuk mengikuti upacara harus dapat menunjukkan jati diri sebagai pasukan TNI AL yang professional, andal dan disegani.

Dalam kesempatan itu, Dankodiklatal juga memberikan beberapa arahan yang perlu dipedomani dan dilaksanakan oleh seluruh anggota satgas.

"Yaitu tingkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan YME dalam melaksanakan setiap kegiatan latihan agar berhasil dengan maksimal. Jaga kesehatan, karena latihan yang akan saudara jalani tidaklah ringan untuk meningkatkan kedisiplinan prajurit TNI AL dalam baris berbaris," katanya.

Selan itu, kata dia, jaga kekompakan sesama anggota TNI Angkatan Laut dan TNI pada umumnya dalam setiap latihan agar upacara hari TNI dapat berjalan lancar dan sukses.

"Pertahankan bahkan tingkatkan prestasi yang telah dicapai oleh TNI AL sebagai juara parade dan defile pada upacara HUT TNI tahun lalu. Tunjukkan kepada masyarakat bahwa TNI solid dan professional dalam menjalankan tugas negara, melalui kegiatan upacara hari TNI yang berhasil dengan sukses," ujarnya dalam keterangan tertulis.

Kunjungan Komandan Kodiklatal di Brigif-1 Mar yang di dampingi Wadan Kodiklatal Brigjen TNI (Mar) Kasirun Situmorang dan para pejabat teras di jajaran Kodiklatal ini, disambut Danbrigif-1 Mar Kolonel Marinir I Made Sukada, Aslog Danpasmar-1 Kolonel Marinir Budiarso, Aspers Danpasmar-1 Kolonel Marinir David Candra Viasco dan Asrena Danpasmar-1 Kolonel Marinir Ruslan Arief tersebut dalam rangka meninjau secara langsung dan melepas Satgas Pasukan Upacara dalam rangka HUT TNI ke 72 tahun 2017.(*)

Editor: Tunggul Susilo


COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga

Generated in 0.0117 seconds memory usage: 0.6 MB