Jumat, 22 September 2017

Olahraga Tradisional Marinir Indonesia-Amerika Berlangsung Meriah

id olahraga tradisional, olahraga marinir, Marinir Indonesia-Amerika, marinir indonnesia, marinir amerika, latihan bersama, Carat 2017
Olahraga Tradisional Marinir Indonesia-Amerika Berlangsung Meriah
Sejumlah prajurit Marinir Indonesia dan Amerika berbaur bersama dalam lomba olahraga tradisional lari bakiak di Situbondo, Selasa (12/9). (Serka Mar Kuwadi /Dispen Kormar)
Situbondo (Antara Jatim) - Latihan bersma antara Marinir Indonesia dengan Marinir Amerika Serikat (USMC) diakhiri dengan kegiatan olahraga tradisional bersama, seperti lari bakiak, tarik tambang dan lainnya.
 
Prajurit Marinir Indonesia dan Amerika (USMC) yang tergabung dalam Latihan Bersama bersandi "Cooperation Afloat Readiness and Training" (CARAT) 2017 itu melaksanakan olahraga bersama di Pusat Latihan Pertempuran (Puslatpur) Korps Marinir Baluran, Karangtekok, Situbondo, Jawa Timur, Selasa.

Olahraga bersama itu diikuti Perwira Pelaksana Latihan (Palaklat) Letkol Mar Prasetyo Pinandito, perwira dari Itjenal Letkol Mar Hermawan Prasetyo Budi, Komandan Puslatpur Korps Marinir Baluran Letkol Mar Arif Prasetyo Purwoko dan Wadan Puslatpur Mayor Marinir Kartika Wijaya tersebut juga dimeriahkan oleh seluruh prajurit Marinir kedua negara.

Kegiatan diawali dengan senam aerobik, joget Gemu Fa Mire dan dilanjutkan dengan olahraga umum dan berbagai lomba, diantaranya lomba bakiak, tarik tambang dan sepak bola.

Ajang kebersamaan itu berlangsung meriah dengan tepuk tangan dan gelak tawa prajurit kedua negara. Kebersamaan dan kerjasama prajurit Marinir Indonesia dan Amerika ditunjukkan saat mereka mengikuti lomba.

Perlombaan itu tidak diatur dalam tim Indonesia melawan Amerika, melainkan dalam setiap tim diisi campuran prajurit kedua negara. Dengan demikian tercipta kebersamaan yang tinggi antarkeduanya.

Usai pelaksanaan perlombaan, seluruh peserta disuguhi makanan dan minuman tradisional khas Indonesia, diantaranya bakso, pisang rebus, ketela rebus, pisang rebus, jagung rebus dan kentang rebus, sementara untuk minuman yang disajikan yaitu wedang jahe, kopi dan teh.

Letkol Mar Prasetyo Pinandito selaku Palaklat mengatakan kegiatan tersebut selain sebagai sarana memperkenalkan budaya asli Indonesia kepada Marinir Amerika, juga sebagai wahana mempererat persahabatan Marinir kedua negara.

“Kegiatan ini juga sebagai sarana refresing bagi prajurit Marinir kedua negara, setelah sekian hari melaksanakan materi latihan," katanya.

Sementara pada sore harinya dilakukan upacara penutupan latihan bersama yang berlangsung sejak 7 September 2017 itu.

Palaklat Letkol Mar Prasetyo Pinandito Komandan Batalyon Infanteri-3 Marinir menutup latihan bersama itu mewakili Asisten Operasi Kasal Laskda TNI I.N.G.N Ary Atmaja di Puslatpur Marinir Baluran.

Asops Kasal dalam sambutan tertulisnya mengatakan bahwa dalam Latihan Carat 2017, Marinir kedua negara pada khususnya dan Angkatan Laut kedua negara pada umumnya telah ikut berperan serta dalam mengukir sejarah antara Indonesia dan Amerika Serikat.

"Sejarah tersebut menunjukkan semangat kebersamaan Angkatan Laut kedua negara. Kebersamaan tersebut telah ditunjukkan dalam pelaksanaan seluruh fase latihan yang mengacu pada suksesnya kerja sama dan interaksi antarprajurit yang terjalin dengan baik," ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut Asops Kasal menuyampaikan apresiasi kepada Angkatan Laut dan Marinir Amerika atas dedikasi, motivasi dan semangat yang telah ditunjukkan selama latihan guna menyukseskan dan memperkuat hubungan bilateral kedua negara.

Ucapan terima kasih juga disampaikan Asops Kasal kepada prajurit Angkatan Laut Indonesia yang telah menunjukkan keramahtamahannya kepada prajurit Angkatan Laut Amerika.

"Hal yang dapat saya pastikan, dengan terlaksananya latihan ini adalah tetap kokoh dan tidak tergantikannya hubungan baik antara Angkatan Laut Indonesia dan Amerika," katanya.

Letkol Mar Prasetyo Pinandito mengatakan latihan seperti ini sangat bermanfaat bagi Marinir kedua negara. Selain dapat meningkatkan hubungan militer kedua negara juga untuk meningkatkan profesionalisme prajurit Marinir kedua negara.

Perewakilan MArinir AS Kapten USMC Vincent Thompson menyampaikan ucapan terima kasih kepada prajurit Korps Marinir TNI AL yang telah bekerja sama dalam latihan ini.

"Ini merupakan kebanggaan bagi kami bisa berlatih bersama dengan prajurit Korps Marinir TNI AL. Banyak pengalaman baru yang kami peroleh selama mengikuti latihan. Kami berharap suatu saat nanti dapat berlatih kembali bersama kalian," katanya.(*)

Editor: Tunggul Susilo


COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga

Generated in 0.0083 seconds memory usage: 0.61 MB