Kamis, 21 September 2017

Pawai Kemerdekaan Kota Madiun Tingkatkan Nilai Nasionalis

id Pawai Kemerdekaan Kota Madiun Tingkatkan Nilai Nasionalis, pawai kemerdekaan madiun, pawai kemerdekaan kota madiun, pawai kemerdekaan 2017, kota madiun, pemkot madiun, nilai nasionalis, patriotisme, pahlawan nasional, HUT RI, cinta NKRI
Pawai Kemerdekaan Kota Madiun Tingkatkan Nilai Nasionalis
Sejumlah peserta dari siswa dan OPD sedang memeragakan fragmen pahlawan merebut kemerdekaan NKRI dalam kegiatan pawai kemerdekaan Kota Madiun pada Selasa 29 Agustus 2017. Pawai kemerdekaan tersebut digelar Pemkot Madiun dalam rangka memperingati HUT ke-72 Kemerdekaan RI. (Foto : Istimewa)
Madiun (Antara Jatim) - Pawai kemerdekaan yang digelar Pemerintah Kota (Pemkot) Madiun, Jawa Timur, dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke-72 Kemerdekaan RI pada Selasa 29 Agustus 2017 merupakan ajang untuk meningkatkan nilai nasionalisme dan patriotsme masyarakat setempat.

Melalui kegiatan yang mendapat sambutan antusias tersebut, warga Kota Madiun diajak dan diingatkan kembali untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah gugur dalam merebut kemerdekaan RI. 

Nilai nasionalisme dan patriotisme dipupuk kembali melalui berbagai macam atraksi, ide, kreasi, dan inovasi kostum serta fragmen yang ditampilkan di kegiatan pawai tersebut. 

Para peserta pawai memerankan dan menampilkan sejumlah tokoh pahlawan nasional, seperti Pangeran Diponegoro, Ki Hajar Dewantoro, Pangeran Pattimura serta prajurit yang melawan penjajahan Belanda. 

Kegiatan yang bertema "Semangat Juang Pahlawan Nasional sebagai Tonggak Indonesia Kerja Bersama" tersebut diikuti sebayak 41 peserta. Para peserta berasal dari siswa seluruh sekolah tingkat SD hingga SMA di Kota Madiun, mahasiswa sejumlah perguruan tinggi di Kota Madiun, perwakilan OPD, BUMD, BUMN di Kota Madiun, dan masyarakat umum yang ingin berpartisipasi. 

Sedangkan rute pawai yang dilalui adalah sejumlah jalan protokol dan besar di Kota Madiun, di antaranya, Jalan Pahlawan, Jalan Panglima Sudirman, dan Jalan Mastrip. Untuk start berada di depan Balai Kota Madiun Jalan Pahlawan dan finish berada di Stadion Wilis Kota Madiun yang berada di Jalan Mastrip. 

Wali Kota Madiun Sugeng Risiyanto berkesempatan memberangkatkan langsung peserta dalam pawai kemerdekaan tersebut dengan didampingi oleh para anggota Forkopimda Kota Madiun. 

Pihaknya berpesan, melalui kegiatan pawai tersebut, warga Kota Madiun diminta untuk menghargai jasa para pahlawan. Warga Kota Madiun juga diingatkan untuk mengisi kemerdekaan yang telah diraih tersebut dengan kegiatan yang positif. Terlebih kepada para generasi muda, salah satunya dengan menjauhi narkoba dan menjaga lingkungan hidup. 

Sementara, salah satu penonton, Yuni, mengatakan sangat senang dengan adanya pawai kemerdekaan tersebut. Selain menghibur, kegiatan tersebut juga memicu semangat anak-anak dalam memeriahkan pawai. 

"Saya senang dengan pawai ini. Untuk Kota Madiun, semoga lebih maju dan sejahtera," kata Yuni yang merupakan warga Kelurahan Kuncen tersebut.

Ia menambahkan, warga ingin agar acara serupa dapat digelar setiap tahun. Sehingga masyarakat saat ini diingatkan kembali akan nilai-nilai nasionalis dan cinta NKRI yang mulai luntur akibat efek gerusan globalisasi yang negatif. 

Pantauan di lapangan, acara pawai kemerdekaan Kota Madiun tahun 2017 tersebut berlangsung meriah dan lancar. Warga sangat antusias dan senang dengan kegiatan yang menghibur tersebut. (*)

Editor: Chandra Hamdani Noer


COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga

Generated in 0.1008 seconds memory usage: 0.59 MB