Jumat, 22 September 2017

Seluruh KPM PKH di Situbondo Beralih Nontunai (Video)

id Situbondo program keluarga harapan
Seluruh KPM PKH di Situbondo Beralih Nontunai (Video)
Suasana penyaluran bantuan PKH di Kabupaten Situbondo. Rabu (30/8) (Novi.H)
Situbondo (Antara Jatim) - Sekitar 23 ribu keluarga penerima manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan atau PKH Kementerian Sosial di Kabupaten Situbondo, Jawa Timur sudah beralih menggunakan nontunai atau kartu sejenis ATM.

"Sampai dengan hari ini sudah ada 10 dari 17 kecamatan keluarga penerima manfaat PKH yang sudah menerima kartu keluarga sejahtera (KKS) pengganti bantuan tunai menjadi nontunai," ujar Kepala Dinas Sosial Pemerintah Kabupaten Situbondo, Lutfi Joko Prihatin di sela penyaluran kartu KKS di Situbondo, Rabu.

Sesuai petunjuk Menteri Sosial ,  katanya, peralihan bantuan tunai ke nontunai kepada KPM Program Keluarga Harapan itu ditargetkan selesai akhir Agustus 2017.

Dan oleh karena itu, katanya, penyaluran bantuan nontunai PKH di Kota Santri itu terus dilakukan setiap hari dan diperkirakan awal September 2017 peralihan bantuan tunan ke nontunai sudah rampung.

"Sebanyak 10 kecamatan penerima PKH itu adalah  Kecamatan Banyuputih, Jangkar, Asembagus, Jangkar, Mangaran, Kendit, Arjasa, Suboh, Sumbermalang dan Kecamatan Kota Situbondo. Sedangkan tujuh kecematan lainnya diperkirakan akan rampung awal September," katanya.

Sementara itu, Koordinator PKH Kabupaten Situbondo Ninda Hasminurhayati mengatakan bahwa keluarga penerima manfaat PKH selain beralih ke nontunai juga langsung dapat mencairkan uangnya melalui kertu keluarga sejahtera atau kartu sejenis ATM tersebut.

"Penerima PKH juga langsung praktek cara menarik uang menggunakan kartu KKS yang dibantu oleh petugas dari bank yang ditunjuk," tuturnya.

Menurutnya, masing-masing penerima PKH mendapatkan bantuan Rp1.890.000 per tahun per kepala keluarga (KK) untuk komponen kesehatan balita, ibu hamil, penyandang disabilitas dan anak usia sekolah 6-21 tahun. Sedangkan untuk lansia/disabilitas beratRp2.000.000 per KK.

"Pemberian bantuan PKH dibagi menjadi empat tahap. Tahap pertama hingga tahap ketiga Rp500 ribu dan tahap keempat (terakhir) Rp390 ribu," paparnya. (*)
Video Oleh: Novi Husdinariyanto
 

Editor: Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga

Generated in 0.0087 seconds memory usage: 0.58 MB