Jumat, 22 September 2017

PDIP Jatim Uji Kepatutan 31 Calon Bupati/Wali Kota

id Pdip Jatim, pilkada jatim
PDIP Jatim Uji Kepatutan 31 Calon Bupati/Wali Kota
Ketua DPD PDIP Kusnadi saat membuka rapat koordinasi di Sekretariat PDIP Jatim di Surabaya. (Foto Dok Antarajatim)
Pesertanya adalah mereka yang mendaftar ke DPC PDIP di 18 daerah yang menggelar Pilkada serentak tahun depan
Surabaya (Antara Jatim) - Dewan Pimpinan Daerah Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Jawa Timur menggelar uji kepatutan dan kelayakan bagi bakal calon bupati/wali kota serta wakilnya untuk Pemilihan Kepala Daerah serentak 2018.

"Pesertanya adalah mereka yang mendaftar ke DPC PDIP di 18 daerah yang menggelar Pilkada serentak tahun depan," ujar Sekretaris DPD PDIP Sri Untari kepada wartawan di Kantor DPD PDIP Jatim, di Surabaya, Sabtu.

Uji kepatutan dan kelayakan hari ini merupakan gelombang dua yang diikuti 31 bakal calon bupati dan wakil bupati maupun wali kota dan wakil wali kota.

"Tes gelombang pertama sudah dilakukan kepada 50 calon bupati/wali kota untuk 10 daerah, sedangkan pada gelombang dua untuk delapan daerah," ucapnya.

Beberapa calon kepala daerah pada tes hari ini antara lain Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Lumajang, Kota Mojokerto, Kabupaten Bangkalan, Kota Malang dan lainnya.

Selama tes, lanjut dia, bakal calon akan ditanya visi misi, latar belakang, siapa yang sudah diajak komunikasi di pencalonannya hingga berapa partai yang mendukung.

Tak itu saja, tes juga ditanyai tentang komitmen kerakyatan dan komitmen kepartaian ke depan, metode kampanye hingga kemampuan anggaran dalam menghadapi Pilkada.

Setelah tahapan di DPD, semua bakal calon akan disurvei dan dipanggil ke DPP di Jakarta mengikuti ujian psikologis yang dijadwalkan berlangsung pekan depan. (*)

Editor: Masuki M. Astro


COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga

Generated in 0.0109 seconds memory usage: 0.57 MB