Jumat, 22 September 2017

Batalyon Howitzer-1 Marinir Gelar Operasi Gaktibplin

id Pasmar-1, Brigif-1, Marinir
Batalyon Howitzer-1 Marinir Gelar Operasi Gaktibplin
Pelaksanaan Operasi Gaktibplin di Bhumi Marinir Karangpilang Surabaya, Kamis (1/12) (Dispen Kormar)
Surabaya, (Antara Jatim) - Jajaran Batalyon Howitzer-1 Marinir menggelar operasi Penegakan Ketertiban dan Disiplin (Gaktibplin) kepada anggota dalam rangka mengurangi angka pelanggaran yang dilakukan prajurit di lapangan apel Bhumi Marinir Karangpilang, Surabaya, Kamis.

Kegiatan yang dipimpin Pejabat Sementara (Pjs) Pasi Intel Lettu Mar Iswanto tersebut dilakukan dengan mengarahkan seluruh anggota yang tiba di batalyon untuk membawa kendaraannya di lapangan apel, kemudian dilakukan pemeriksaan oleh anggota Provos dan anggota Staf-1 (intel).

"Kegiatan ini dilakukan dalam rangka mengurangi angka pelanggaran yang dilakukan prajurit," katanya di sela kegiatan operasi gaktibplin.

Ia mengemukakan target operasi Gaktibplin tidak semata-mata mencari jumlah pelanggaran anggota tetapi sebagai bentuk tanggung-jawab selaku penegak hukum.

"Selain itu, kegiatan ini dilakukan dalam rangka menegakkan disiplin di lingkungan Batalyon Howitzer-1 Marinir untuk menertibkan dan mendisiplinkan anggota yang mengendarai kendaraan baik roda dua maupun roda empat supaya tidak melakukan pelanggaran baik secara administrasi maupun secara fisik," katanya.

Ia mengatakan, adapun sasaran operasi Gaktibpil, meliputi pemeriksaan kelengkapan kendaraan bermotor dinas maupun pribadi yaitu  Surat Tanda Nomor Kendaraan(STNK), Surat Ijin Mengemudi (SIM) baik umum maupun militer serta surat-surat kelengkapan lainnya seperti Surat ijin keluar basis/ksatrian dan Kartu Tanda Anggota (KTA) TNI.

"Operasi Gaktibplin ini dilaksanakan secara rutin oleh Provos dan dibantu anggota Staf Intel, sesuai dengan program kerja Provos Yon How-1 Mar Triwulan IV Tahun 2016, denngan tujuan untuk meningkatkan disiplin, loyalitas, moralitas dan kepatuhan hukum prajurit Batalyon Howitzer-1 Marinir," katanya.(*)

Editor: Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA 2016

Baca Juga

Generated in 0.0092 seconds memory usage: 0.6 MB